Ruang Kelas Nyaris Roboh, Siswa SD Jatirowo di Mojokerto Belajar di Parkiran

Ihya' Ulumuddin, Sholahudin ยท Kamis, 01 Agustus 2019 - 18:02 WIB
Ruang Kelas Nyaris Roboh, Siswa SD Jatirowo di Mojokerto Belajar di Parkiran

Para siswa SD Jatirowo II yang belajar di parkiran. Tampak di kejauhan kondisi atap genting mereka yang sudah rusak. (Foto: iNews/Sholahuddin)

MOJOKERTO, iNews.id – Para siswa kelas III Sekolah Dasar (SD) Jatirowo II, Kecamayan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, terpaksa belajar di pelataran parkir. Tempat ini digunakan lantaran ruang kelas mereka lapuk dan rawan roboh.

“Untuk antisipasi sjaa. Khawatirnya, siswa kejatuhan genting karena rangka penyangga atap sudah lapuk. Ini semua petunjuk kepala sekolah agar anak-anak belajar di ruang terbuka,” ujar salah seorang guru bernama Tiaran, Kamis (1/8/2019).

Dia mengatakan, sudah tiga minggu ini para peserta didik menempati parkiran sepeda. Kondisinya serba terbatas. Selain sempit, tempat parkir itu juga tidak memiliki dinding pembatas, hanya ada atap seng.

BACA JUGA: Gara-gara Belum Dibelikan Ponsel, Siswi SD di Lombok Timur Nekat Gantung Diri

“Di sini panas dan berdebu. Apalagi saat angin kencang bertiup,” katanya.

Tiaran mengungkapkan, pihak sekolah sudah mengajukan proposal pembangunan ke Pemkab Mojokerto. Rencananya, beberapa pekan lagi baru akan dibangun.

“Bukan hanya kelas yang terancam ambrol. Tetapi seluruh kelas dan satu tambahan gedung lagi,” ucapnya.

Seorang siswa bernama Kharisma Anggara mengaku senang, kendati mereka harus belajar di tempat terbuka. Hanya saja, siswa kelas III ini mengakui sulit konsentrasi. Selain itu kondisinya panas dan berdebu, serta ada suara bising dari kendaraan yang lewat di sekolah hingga sedikit menganggu proses belajar mengajar.

“Lebih enak belajarnya di dalam kelas. Kalo di sini terganggu,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw