Rumah Takmir Masjid di Tuban Ludes Terbakar Rabu Siang

Pipiet Wibawanto ยท Rabu, 20 Februari 2019 - 18:06 WIB
Rumah Takmir Masjid di Tuban Ludes Terbakar Rabu Siang

Warga berkerumun melihat rumah yang terbakar di Desa Kablukan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Rabu (20/2/2019) siang. (Foto: iNews/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.id – Satu unit rumah warga di Tuban, Jawa Timur, Rabu (20/2/2019) siang, ludes terbakar. Api diketahui warga telah membakar bagian belakang rumah dan dengan cepat menjalar ke seluruh bagian yang berdinding kayu. Dua mobil pemadam kebakaran dari Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) diterjunkan, untuk melakukan pemadaman.

Rumah milik Sujani, Ketua Takmir Masjid At-Taqwa, Desa Kablukan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Rabu siang, ludes dilalap si jago merah. Api muncul diduga dari perapian yang ada di kandang sapi milik korban. Akibat kebakaran tersebut, seluruh isi rumah hangus terbakar, tanpa ada satupun barang yang dapat diselamatkan.

Peristiwa kebakaran ini terjadi saat kondisi rumah sedang kosong. Sebelumnya, Sujani sang pemilik rumah membuat perapian, untuk ternak sapinya di kandang. Setelah itu oleh pemilik rumah berangkat ke sawah dan istrinya ke pasar.

Dugaan sementara, kebakaran disebabkan akibat dari perapian tersebut, karena api diketahui warga pertama kali membakar bagian kandang yang ada di bagian belakang rumah. “Tadi saya lihat api membakar pertama kali dari bagian belakang, terus menyebar sampai seluruh bagian rumah terbakar,” kata salah seorang saksi mata, Siti Komariyah, Rabu (20/2/2019).


Mengetahui api membesar, warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, namun tidak berhasil. Sedangkan api terus membesar dengan cepat. Kondisi rumah yang berbahan kayu membuat api cepat menjalar dengan cepat.

Dua mobil pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Tuban, diterjunkan ke lokasi kejadian, namun pada saat tim pemadam sampai di lokasi, api sudah membesar dan menghabiskan seluruh rumah.

Setelah api dapat dipadamkan, warga sekitar bersama anggota TNI Koramil setempat, melakukan pembersihan puing-puing kebaran. Warga berharap ada perhatian dari pemerintah pascakejadian kebakaran ini, sedangkan pemilik rumah masih mengungsi di rumah kerabatnya. Untuk sementara waktu hingga dapat membangun rumahnya kembali.

Saat ini, musibah kebakaran rumah ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian Polsek Bangilan, untuk mengetahui penyebab kejadian kebakaran sebenarnya.


Editor : Himas Puspito Putra