Sadis, Perempuan Ini Dalangi Pembunuhan Mantan Pacar dan Buang Mayatnya di Kota Batu

Ihya' Ulumuddin ยท Jumat, 18 Oktober 2019 - 21:30 WIB
Sadis, Perempuan Ini Dalangi Pembunuhan Mantan Pacar dan Buang Mayatnya di Kota Batu

Kabid Humas Polda Jatim Kombe Pol Frans Barung Mangera. (Foto: Dok.iNews.id)

SURABAYA, iNews.idSakit hati karena pernah ditipu membuat Rulin Rahayu Ningsih gelap mata. Dia bersekongkol dengan lima pelaku lain untuk membunuh mantan pacarnya, Bangkit Maknutu Dunirat (30) asal Kabupaten Sumenep, Madura.

Mayat korban kemudian dibuang di bawah jembatan kawaan pemandian air panas Cangar, Kota Batu. Peristiwa berdarah itu terjadi pada Rabu (16/10/2019).

Hasil penyelidikan polisi, korban dibunuh dengan cara dianiaya. Korban dipukuli menggunakan senjata tajam dan benda tumpul hingga sekarat. Setelah itu, korban yang sudah tidak berdaya dibuang ke bawah jembatan.

BACA JUGA: Polisi Ungkap Pelaku dan Motif Pembunuhan Mayat yang Ditemukan di Kota Batu Jatim

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, empat dari enam pelaku pembunuhan tersebut sudah ditangkap. Satu pelaku di antaranya adalah mantan kekasih korban yang diduga menjadi dalang pembunuhan tersebut.

Mereka antara lain Bambang Irawan; Kresna Bayu Firmansyah; M Rizaldy Firmansyah; serta mantan kekasih korban Rulin Rahayu Ningsih. Sedangan dua pelaku lain, masing-masing Mohammad Imron Rusyadi dan Alank Resky Pradana masih buron.

Menurut Barung, pembunuhan tersebut diawali dengan penculikan. “Korban didatangi di tempat kerjanya di UMC Suzuki Ahmad Yani Surabaya. Setelah itu dipaksa masuk ke dalam mobil. Di dalam mobil itulah korban dianiaya. Tangannya diikat dan Mulut disumpal. Setelah itu dipukuli,” katanya, Jumat (18/10/2019).

Barung mengatakan, motif penganiayaan yang berujung pembunuhan ini didasari sakit hati akibat persoalan kredit mobil yang tak kunjung selesai.

“Tersangka Rulin merupakan mantan pacar korban Bangkit sejak 2015 hingga 2017. Selama menjalin hubungan, tersangka pernah merasa ditipu oleh korban terkait jual beli mobil. Tersangka sering didatangi debt collector karena tunggakan pembayaran mobil yang tidak terselesaikan,” katanya.

Kondisi inilah, kata Barung, yang membuat tersangka Rulin kesal. Bersama dengan suami dan teman-temannya, Rulin akhirnya mendatangi korban dan melakukan penganiayaan.

“Akibat tindakan ini para pelaku dijerat Pasal 340 KUHP sub. Pasal 338 KUHP dan atau Pasal 328 KUHP dan atau Pasal 170 ayat (2) butir 3 KUHP,” katanya.

Diketahui, sesosok mayat ditemukan dengan penuh luka di wajah dan tangan terikat di bawah jembatan, kawasan wisata air panas Cangar, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur (Jatim). Korban diketahui bernama Bangkit Maknutu Dumirat (32), asal Kabupaten Sumenep.

BACA JUGA: Mayat Pria dengan Tangan Terikat Ditemukan di Kawasan Pemandian Air Panas Kota Batu

Identitas mayat yang ditemukan Rabu (16/10/2019), sempat tidak diketahui. Identitasnya baru terungkap berdasarkan koordinasi antarjajaran polres.

Sebelumnya, ibu korban dan istri korban melaporkan suaminya yang hilang ke Mapolrestabes Surabaya. Laporan itu disampaikan pada Selasa (15/10/2019), atau satu hari sebelum jenazah korban ditemukan.


Editor : Kastolani Marzuki