Santap Sajian Akikah, Sumanto Jadi Korban Keracunan Massal

Mukhtar Bagus ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 18:04 WIB
Santap Sajian Akikah, Sumanto Jadi Korban Keracunan Massal

Warga Desa Sumberbendo Ngajuk jadi korban keracunan massal. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

NGANJUK, iNews.id - Puluhan warga Desa Sumberbendo di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur (Jatim) dilarikan ke puskesmas karena diduga mengalami keracunan makanan. Para korban ini sebelumnya menyantap makanan yang dibagikan tetangganya dalam acara akikah.

Seorang warga yang juga menjadi korban, Sumanto mengatakan, acara akikah ini sebenarnya sudah berlangsung Kamis (6/12/2018) malam. Usai menyantap berbagai hidangan, awalnya tidak ada keanehan apa-apa, namun keesokan harinya (Jumat) baru terasa agak pusing.

BACA JUGA: Diduga Makan Bubur Program Gizi, Puluhan Siswa SD Keracunan

"Rasanya mual, muntah-muntah juga," kata Sumato, warga Desa Sumberbendo saat ditemui di Puskesmas Ngetos, Kabupaten Ngajuk, Jatim, Jumat (7/12/2018).

Bukan hanya Sumanto, sedikitnya ada 30 orang warga lainnya yang mendapat perawatan intensif dari puskesmas tersebut. Namun, semakin sore jumlah warga dari desa tersebut makin bertambah, satu per satu turut dilarikan ke Puskesmas Ngetos.

Perawat di Puskesmas Ngetos, Wiwit mengatakan, dari hasil pemeriksaan indikasinya awalnya para warga memang mengalami keracunan makanan. Namun, dirinya tak mau berspekulasi lebih jauh sebelum keluar laporan uji laboratriumnya.

BACA JUGA: Puluhan Pekerja Pengepakan Udang di Situbondo Keracunan Zat Kimia

"Indikasinya mengarah pada keracunan makanan, tapi menunggu hasil laporan nanti," ujar Wiwit.

Pantauan iNews di Puskesmas Ngetos, korban keracunan makanan ini bukan hanya orang dewasa saja. Tapi juga ada anak-anak yang turut berbaring lemas di ruang perawatan. Mereka mendapat penanganan awal lewat infus.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal