Selundupkan Sabu dan Ganja dari Malaysia, 3 Kurir Narkoba Asal Madura Ditangkap

Pramono Putra ยท Jumat, 31 Mei 2019 - 17:28 WIB
Selundupkan Sabu dan Ganja dari Malaysia, 3 Kurir Narkoba Asal Madura Ditangkap

Suasana gelar perkara pengungkapan kasus penyelundupan narkoba jenis sabu dan ganja di Bandara Juanda Surabaya. (Foto: iNews/Pramono Putra)

SIDOARJO, iNews.id – Penyelundupan narkotika jenis sabu diungkap polisi dan Bea Cukai di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Juanda Surabaya. Petugas menangkap tiga warga Pamekasan serta Bangkalan Madura, Jawa Timur, yang kedapatan membawa sabu sebanyak 4 kilogram (Kg) dan 2 bungkus ganja dari Malaysia.

Identitas ketiga pelaku yang diamankan yakni, Ilmih Fauzi (28), Ainul Yaqin (32) dan Suparto (38). Dua tersangka masing-masing Ainul Yaqin dan Suparto ditangkap petugas di Bandara Juanda Surabaya. Modusnya menyimpan sabu dalam saset minuman cokelat dan speaker aktif yang dibawa dari Malaysia. Sementara tersangka Ilmih Fauzi diamankan saar menerima sabu melalui paket pos dari Malaysia.

Kepala Bea Cukai Juanda Budi Harjanto mengatakan, hasil pemeriksaan petugas diketahui jika ketiga tersangka diduga kuat berperan sebagai kurir narkoba. Mereka membawa dan menerima paket kiriman sabu dari seseorang di Malaysia yang dikenalnya saat berada di Madura lima bulan lalu.

BACA JUGA: Sipir Lapas Singkawang Ditangkap Polisi, Diduga Kasus Penyalahgunaan Narkoba

"Para tersangka ini nekat menyelundupkan sabu Malaysia ke Madura karena tergiur dengan janji bandar sabu yang akan memberi sejumlah uang tunai jika barang tersebut sampai di Madura," kata Budi, Jumat (31/5/2019).

Untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut, saat ini ketiga tersangka berikut barang bukti sabu dan ganja diamankan di Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim.


Editor : Donald Karouw