Sidang Perdana, Ahmad Dhani Kenakan Kaos Tahanan Politik

Ihya' Ulumuddin ยท Kamis, 07 Februari 2019 - 11:48 WIB
Sidang Perdana, Ahmad Dhani Kenakan Kaos Tahanan Politik

Musisi Ahmad Dhani mengenakan kaos bertuliskan "Tahanan Politik" saat mengikuti sidang perdana kasus pencemaran nama baik di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, (7/2/2018). (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id - Musisi Ahmad Dhani tampil beda di sidang perdana kasus pencemaran nama baik di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, (7/2/2018). Dhani tidak mengenakan rompi tahanan atau kemeja putih layaknya terdakwa lain, melainkan kaos oblong hitam bertuliskan "Tahanan Politik". 

Tak hanya itu, peci hitam lazimnya terdakwa juga tidak tampak. Yang ada hanya blangkon hitam seperti yang dia kenakan saat sidang putusan kasus ujaran kebencian di PN Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. 

Kendati demikian, majlis hakim tak mempersoalkannya. Hakim ketua R Anton Widyopriyono tetap melanjutkan sidang sesuai agenda.

Sementara itu, Ahmad terlihat tenang. Beberapa kali, suami Mulan Jameela ini melempar senyum. Sesekali dia juga menegakkan badan, seolah menunjukkan tulisan "Tahanan Polotik" di kaosnya.  


"Dalam kasus ini anda tidak ditahan ya, anda ditahan dalam kasus lain," kata Hakim R Anton pada Ahmad Dhani di awal pembukaan persidangan.

Selanjutnya, hakim R Anton mempersilakan Jaksa Penuntun Umum (JPU) membacakan surat dakwaannya, yang dibacakan secara bergantian oleh JPU Dedi Arissandi dan Rachmat Hari Basuki.

BACA JUGA:

Pengacara: Ahmad Dhani Tidak Jadi Dipindahkan ke Surabaya

Mulan Jameela Iringi Pemindahan Penahanan Ahmad Dhani ke Surabaya

Sandi Jenguk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang


Pembacaan surat dakwaan berlangsung singkat. Hanya sekitar 15 menit. Dakwaan tersebut menjelaskan tentang peristiwa pidana kasus Ahmad Dhani yang bertentangan dengan Pasal 27 ayat (3) Juncto Pasal 45 ayat (3) UU ITE.

Untuk diketahui, pada sidang perdana ini, Ahmad Dhani tiba di PN Surabaya sekitar pukul 06.30 WIB, dengan pengamanan ketat. Begitu turun dari mobil tahanan, Dhani langsung dibawa ke ruang jaksa di bagian tengah PN Surabaya. Baru sekitar pukul 09.00 WIB dia digiring menuju ruang sidang Cakra untuk menjalani persidangan. 

Seperti diketahui, musisi Ahmad Dhani ditetapkan tersangka oleh Polda Jatim dalam kasus dugaan pencemaran nama baik. Penetapan ini menyusul ujaran kata 'idiot' yang disampaikan Dhani saat berada di Hotel Majapahit, 26 Agustus 2018 lalu.  

Ujaran "idiot" ini sendiri bermula saat Ahmad Dhani akan menghadiri acara deklarasi Ganti Presiden 2019 di Tugu Pahlawan Surabaya. Namun saat tiba di Hotel Majapahit, Dia dihadang oleh kelompok yang mengatasnamakan elemen Bela NKRI. Saat penghadangan itulah, Ahmad Dhani membuat video blog (vlog) berisi kata-kata 'Idiot'.


Editor : Himas Puspito Putra