Stok Air PDAM Mampet, Ratusan Warga di Magetan Berburu Air ke Hutan

Ihya' Ulumuddin, Asfi Manar ยท Senin, 28 Oktober 2019 - 15:15 WIB
Stok Air PDAM Mampet, Ratusan Warga di Magetan Berburu Air ke Hutan

Warga Randu Gede Magetan terpaksa mencari air bersih di hutan. Kondis ini terjadi karena pasokan air PDAM menipis akibat kekeringan. (Foto: iNews/Asfi Manar).

MAGETAN, iNews.id - Ratusan warga Desa Randu Gede, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim) mencari air ke dalam hutan. Upaya ini terpaksa dilakukan karena suplai air PDAM mati total, sedangkan sumur di permukiman warga telah mengering.

Seorang warga, Samini mengatakan, sudah satu bulan ini pipa PDAM mampet, dan suplai air bersih sudah sulit didapatkan. Karena itulah warga terpaksa mencari sumber air bersih hingga masuk ke dalam hutan.

"Ya jadi terpaksa mencari hingga ke hutan," kata Samini kepada wartawan di Desa Randu Gede, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jatim, Senin (28/10/2019).

Samini mengaku, setiap pagi dan sore pergi ke bilik sumber air di tengah hutan. Bersama dengan ratusan warga lain, nantinya mereka akan antre berebut satu jeriken air untuk keperluan rumah tangga.

"Kalau tidak begini ya nggak dapat air. Selama ini kami hanya menggantungkan kebutuhan air ke PDAM," katanya.

Dia mengaku, krisis air bersih ini dirasakan sejak satu bulan terakhir. Kondisi cuaca panas membuat sumber air PDAM tidak mengalir maksimal, bahkan suplai air mati total untuk sejumlah warga.

"Yang membuat warga kecewa, tagihan air tetap jalan. Padahal, air tidak bisa dinikmati," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal