Suhu Minus 4 Derajat Celcius, Pendaki Gunung Lawu Banyak yang Mundur

Asfi Manar ยท Rabu, 26 Juni 2019 - 18:50 WIB
Suhu Minus 4 Derajat Celcius, Pendaki Gunung Lawu Banyak yang Mundur

Para pendaki Gunung Lawu saat merasakan dinginnya suhu udara ekstrem mencapai minus 4 derajat celcius. (Foto: Dok iNews).

MAGETAN, iNews.id - Cuaca dingin bersuhu ekstrem dialami para pendaki Gunung Lawu, di Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim). Suhu di puncak diinformasikan mencapai minus empat derajat celcius.

Petugas Paguyuban Gunung Lawu, Tri Suharianto mengatakan, informasi adanya suhu ekstrem beberapa hari terakhir sudah diberitahukan kepada para pengunjung yang hendak melakukan pendakian.

"Kami imbau para pendaki membawa peralatan ekstra terutama penghangat tubuh," kata Tri kepada wartawan di pos pendakian, Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jatim, Rabu (26/6/2019).

Menurut dia, barang-barang seperti jaket hangat, sarung tangan dan penutup kepala wajib dibawa. Mereka yang tidak membawa perlengkapan tersebut diminta membelinya di sekitar pos.

BACA JUGA: Suhu Minus 9 Derajat Celcius, Dieng Diselimuti Embun Es

Selain perlengkapan, petugas juga mengingatkan kondisi kesehatan agar fisik dan stamina para pendaki. Karena suhu ekstrem ini akan membuat proses pendakian menjadi lebih sulit.

"Kami belum cukup alasan untuk menutup jalur pendakian ini, karena setiap pendaki juga dipantau secara ketat oleh para relawan," ujarnya.

Seorang pendaki, Aditya Kurniawan mengatakan, suhu ekstrem membuat banyak pendaki yang mengalami hipotermia. Mereka memilih turun atau mempersingkat waktu pendakiannya.

"Ada juga yang mengurungkan niat untuk mendaki karena tidak membawa peralatan sesuai standar yang dianjurkan petugas," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal