Sungai Kening Meluap, Banjir 1 Meter Rendam 2 Kecamatan di Tuban

Pipiet Wibawanto · Sabtu, 16 Februari 2019 - 08:44 WIB
Sungai Kening Meluap, Banjir 1 Meter Rendam 2 Kecamatan di Tuban

Seorang warga melihat rumahnya yang terendam banjir dari ketinggian akibat luapan Sungai Kening di Tuban, Jatim. (Foto: iNews/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.id – Banjir setinggi 1 meter menerjang puluhan rumah di 2 kecamatan wilayah Tuban, Jawa Timur, Sabtu (16/2/2019) dini hari. Derasnya arus bahkan merusak sejumlah bangunan rumah milik warga.

Banjir dadakan ini terjadi akibat meluapnya Sungai Kening pascahujan deras selama hampir 6 jam sejak Jumat (15/2/2019) malam. Ditengarai volume sungai tak mampu menahan debit air yang besar hingga meluap dan merendam permukiman warga.

Pantauan iNews, daerah yang terdampak luapan Sungai Kening ini yakni warga yang ada di Desa Laju Kidul, Sukodadi dan Desa Mergosari di Kecamatan Singgahan. Selain itu banjir juga merendam rumah warga di Desa Brangkal, Kecamatan Parengan.

BACA JUGA: Tanah Bergerak, Ruang Tamu Rumah Warga Wonosobo Ambles 1,5 Meter

Pengakuan para warga, saat banjir datang mereka sempat panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Warga mengevakuasi diri sambil membawa barang berharga dan lainnya.

Kondisi yang terdampak paling parah yakni di Dusun Sukorejo, Desa Mergosari. Di lokasi ini, ada belasan rumah warga yang terendam banjir hingga ketinggian 1,5 meter.

“Harapan kami banjir dapat segera surut agar bisa beraktivitas kembali. Kami juga meminta bantuan pemerintah untuk mengatasi persoalan ini,” ujar Hariyadi, warga setempat, Sabtu (16/2/2019).


Editor : Donald Karouw