Tahanan Pencuri HP Kabur saat Polres Jember Akan Ungkap Kasusnya

Bambang Sugiarto ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 16:42 WIB
Tahanan Pencuri HP Kabur saat Polres Jember Akan Ungkap Kasusnya

Polisi meringkus tahanan pencuri HP yang kabur di Mapolres Jember. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto).

JEMBER, iNews.id - Seorang tahanan dari Polsek Sumberbaru, Kabupaten Jember, YP (19), melarikan diri saat kasusnya hendak diungkap polisi di hadapan media. Pemuda ini nekad melompat dari mobil polisi meski kedua tangannya dalam kondisi diborgol.

Untung saja polisi cekatan, tersangka pelaku pencurian HP itu langsung diringkus kembali oleh petugas. Warga Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim) ini pun digelandang ke Mapolres Jember.

BACA JUGA: Duka Selimuti Rumah 4 Warga Jember Korban Tabrakan Minibus dan Kereta

Mirisnya, tersangka ini kabur ketika polisi hendak merilis perkara atau mengungkap kasus di hadapan para wartawan. YP diduga telah mencuri HP dari sebuah konter di wilayah Sumberbaru. Bukan cuma satu, dia membawa lari puluhan HP dari toko tersebut.

"Masuk curat (pencurian dengan pemberatan), karena merusak konter HP," kata Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, di Mapolres Jember, Jatim, Jumat (11/1/2019).

Dia mengatakan, kasus atas tersangka YP ini dapat terungkap setelah korban berkoordinasi dengan kepolisian. Dengan cara mengidentifikasi nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) dari HP tersebut, tersangka pun dapat diamankan petugas.

BACA JUGA: Demi Tahun Baru di Jakarta, Supir di Surabaya Bawa Kabur Mobil Majikan

"Polisi sudah menyebarkan nomor IMEI-nya ke konter-konter lain, sehingga tersangka bisa ditangkap ketika hendak menjual HP tersebut," ujar dia.

Bukan hanya mengungkap tersangka pelaku pencurian HP, Polres Jember juga merilis kasus-kasus lainnya. Dua lainnya terkait pencurian motor, satu di antaranya si tersangka berpura-pura sebagai polisi untuk menipu daya korban.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal