Tes Urine Dadakan Jajaran Polres Jombang, 2 Personel Positif

Mukhtar Bagus ยท Selasa, 25 Juni 2019 - 14:58 WIB
Tes Urine Dadakan Jajaran Polres Jombang, 2 Personel Positif

Petugas saat mengumpulan dan mengecek hasil urine ratusan anggota Polres Jombang, Selasa (25/6/2019). (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id – Suasana Mapolres Jombang mendadak riuh setelah diadakan tes urine dadakan usai apel pagi, Selasa (25/6/2019). Dalam pemeriksaan tersebut, dua anggota kedapatan positif.

Pantauan iNews, ratusan personel di jajaran Polres Jombang digiring ke aula untuk tes urine. Mereka satu per satu memasuki toilet dan membawa sampel urine yang ditandai dengan nomor dengan dikawal anggota Provost.

Hasil pengecekan, dua anggota mendapat hasil positif. Mereka pun langsung diminta keterangan. Kepada penyidik, keduanya mengaku baru mengonsumsi obat resep dokter karena sedang sakit. Obat beserta resep dokter itu pun mereka bawa dan tunjukkan sebagai bukti ke penyidik.

BACA JUGA: BNN Papua Barat Tangkap 2 Bandar Sabu di Bandara Sorong

Wakapolres Jombang Kompol Budi Setiono mengungkapkan, tes urine dadakan ini diadakan untuk memastikan anggotanya bebas dari penyalahgunaan narkoba.

“Jadi sebelum anggota kami turun langsung tes urine ke masyarakat, tentu pengujian yang sama harus mereka harus lakukan. Saya juga ikut tes, alhamdulilah hasilnya negatif,” ujar Budi, Selasa (25/6/2019).

Dia menegaskan, jika dalam pengetesan ini ditemukan ada yang positif menggunakan narkoba, maka akan langsung diserahkan ke Propam untuk ditindaklanjuti.

“Hasil sampel ini juga akan kami laporkan ke Polda Jatim,” katanya.


Editor : Donald Karouw