Tiket Pesawat Langka, Pemudik Luar Jawa Padati Bandara Juanda

Ihya' Ulumuddin, Pramono Putra ยท Kamis, 30 Mei 2019 - 15:23 WIB
Tiket Pesawat Langka, Pemudik Luar Jawa Padati Bandara Juanda

Para pemudik yang menggunakan pesawat mulai memadati bandara. (Foto: Dok iNews).

SURABAYA, iNews.id – Puncak arus mudik di bandara Internasional Juanda diprediksi masih akan terjadi hingga 2 Juni mendatang. Namun, tiket pesawat untuk sejumlah rute telah habis terjual.

Kondisi ini mengakibatkan sejumlah calon penumpang tujuan luar Jawa kebingungan. Mereka kecewa karena sulitnya mendapatkan tiket.

Beberapa di antaranya merupakan tiket pesawat tujuan Banjarmasin, Tarakan, Samarinda, dan Medan. Di loket-loket penjualan, semua habis terjual.

"Rata-rata pemudik dari Surabaya tujuan luar Jawa ini telah memesan tiket lima hari sebelum keberangkatan," kata salah seorang petugas kepada iNews, Kamis (30/5/2019).

BACA JUGA: Pemudik Keluhkan Mahalnya Tiket Pesawat, Otoritas Juanda Turunkan Tim Pantau

Tak hanya sulit, para calon penumpang juga mengeluhkan harga tiket yang cukup mahal. Untuk tujuan Tarakan misalnya, rata-rata harga tiket sudah di kisaran Rp1,5 juta lebih.

"(Tiket) mahal sekali. Tetapi mau bagaimana lagi. Tak ada angkutan lain," kata seorang calon penumpang tujuan Tarakan, Tassa (29).

Pengakuan sama juga disampaikan calon penumpang tujuan Samarinda, Indah (52). Dia mengaku, selain mahal, tiket juga mesti dipesan jauh-jauh hari.

"Saya pesan lima hari sebelum keberangkatan. Lumayan mahal. Tetapi, tidak apa-apa, yang penting bisa mudik," ujarnya.

Pemandangan berbeda terjadi untuk penerbangan wilayah Pulau Jawa. Untuk tujuan seperti Solo, Yogyakarta, Semarang, Bandung dan Jakarta, justru kurang diminati pemudik.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal