Tim Seleksi Buka Pendaftaran Komisioner KPU Jatim Periode 2019/2023

Ihya' Ulumuddin ยท Selasa, 06 November 2018 - 11:03 WIB
Tim Seleksi Buka Pendaftaran Komisioner KPU Jatim Periode 2019/2023

Ketua Timsel KPU Jatim Suko Widodo (tiga dari kiri) bersama Ketua KPU RI Arif Budiman seusai pelantikan timsel, Senin (5/11/2018). (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id - Tim seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur membuka pendaftaran komisioner baru, periode 2019/2023. Pendaftaran telah dibuka 5 November kemarin dan akan berlangsung hingga 11 November mendatang. 

Melalui rapat pleno, Tim Seleksi diketuai Dr Suko Widodo, sekretaris Dr Abdul Cholik, dengan anggota Prof Dr Zaenuri, Aribowo, MA dan Nurul Barizah, SH, LLM, PhD menetapkan, pendaftaran seleksi calon anggota KPU Jatim periode 2019-2024 dilaksanakan di sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota KPU Jatim beralamatkan di Kompleks Hotel Yelow Jalan Jemursari 176, Kendangsari, Tenggilis Mejoyo, Surabaya.

"Pendaftarannya hanya berlangsung seminggu, mulai tanggal 5 sampai 11 November 2018, dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB," kata Ketua Timsel KPU Jatim, Suko Widodo, Selasa (6/11/2018).

Terkait persyaratan yang harus dipenuhi calon anggota, kata Suko, pendaftar minimal berusia 35 tahun, berpendidikan minimal Srata 1 (sarjana), berdomisili di wilayah Jawa Timur dengan dibuktikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, dan lain sebagainya.

"Seleksi menggunakan sistem gugur, dengan tahapan sebagai berikut: 6-14 Nopember dilakukan pemeriksaan administrasi, dilanjutkan dengan pengumuman endaftar yang lolos. Kemudian pada tanggal 19 November, bagi yang lolos administrasi akan ikuti tes tertulis," kata pakar komunikasi politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini.

Peserta yang lolos tes tertulis, berhak mengikuti tahapan selanjutnya berupa tes psikologi, tes kesehatan dan wawancara. "Kami rencanakan, antara tanggal 9-11 Desember proses seleksi sudah menghasilkan calon anggota KPU Jawa Timur. Secara detail, tahapan kegiatan dan persyaratan calon dapat dilihat di laman: www.kpujatim.go.id," kata Suko.

Suko berharap proses seleksi berjalan lancar dan profesional, sehingga menghasilkan calon anggota KPU Jatim yang profesional dan berintegritas. "Yang penting kami menjalankan amanah dari KPU RI bahwa proses seleksi ini sebagai bagian penting dari upaya mencari orang yang tepat untuk menjalankan tugas ke-KPU-an," katanya.

Pertimbangan lainnya, tambah Suko, anggota KPU terpilih nanti, akan bertugas melaksanakan perhelatan Pemilu serentak pemilihan Presiden, Pemilihan DPD, Pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi dan Pemilihan DPRD Kabupaten/ Kota pada 17 April 2019. "Seleksi ini untuk memilih 7 orang saja sebab masa kerja komisioner KPU Jatim akan mengakhiri masa tugasnya pada pertengahan Februari 2019," katanya.

Sementara itu hingga hari kedua, pagi ini belum ada pendaftar yang masuk. Panitia memprediksi mereka (Calon pendaftar) baru akan mendaftar pada sehari sebelum penutupan, atau bahkan di hari terakhir. Sejumlah muka baru diprediksi akan ikut, termasuk tujuh komisioner KPU Jatim yang kini masih aktif menjabat.


Editor : Himas Puspito Putra