Tragedi Surabaya Membara Menuai Kecaman, Siapa Bertanggung Jawab?

Ihya' Ulumuddin ยท Sabtu, 10 November 2018 - 08:47 WIB
Tragedi Surabaya Membara Menuai Kecaman, Siapa Bertanggung Jawab?

Sejumlah penonton drama kolosal Surabaya Membara terjatuh dari viaduck dan terlindas kereta. (Foto: istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Tragedi saat pertunjukan drama kolosal "Surabaya Membara" di viaduck Jalan Pahlawan, Jumat (9/11/2018) malam mengundang kecaman dari berbagai pihak. Sebagian menyalahkan para penonton. Namun, tak sedikit pula yang menyalahkan panitia dan keamanan.

Mereka menganggap panitia lalai, sehingga tidak mengantisipasi membludaknya penonton, hingga naik ke atas viaduck, akses kereta api. "Petugas kemanan juga mestinya lebih ketat melakukan penjagaan. Sehingga penonton tidak naik ke tempat terlarang, dan berbahaya" kata Indra, warga Surabaya.

Kendati demikian, inisiator sekaligus sutradara drama kolosal, Taufik Monyong menampik semua tudingan itu. Sebab, jauh sebelum pertunjukan dimulai, pihaknya sudah melarang penonton naik ke atas viaduck. Larangan tersebut disampaikan melalui pengeras suara. Namun tetap saja, penonton tak hirau.

"Berkali-kali sudah diingatkan. Agar tidak naik ke atas viaduck, sebab berbahaya. Tetapi, tetap saja penonton naik," katanya, Sabtu (10/11/2018).

Terpisah, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan, siapa yang bertanggung jawab dalam insiden yang menewaskan tiga penonton dan belasan luka-luka ini. Sejak tadi malam, aparat kepolisian telah melakukan penyisiran guna penyelidikan.

BACA JUGA: 

Korban Tewas Nonton Drama Surabaya Membara Jadi 3 Orang, 7 Luka-Luka

Ini Identitas 16 Korban Insiden Drama Kolosal Surabaya Membara

Kronologi Insiden Drama Kolosal Surabaya Membara yang Tewaskan 3 Orang

 

 

"Penyelidikan masih kami lakukan. Hari ini semua pihak akan dimintai keterangan. Yang pasti, kami semua menyampaikan keprihatinan dan duka mendalam atas insiden ini. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi," katanya.

Seperti diberitakan, pada pertunjukan drama kolosal "Surabaya Membara" tadi malam, sejumlah penonton yang naik di atas viaduck terjatuh. Tiga orang tewas dan belasan luka dalam tragedi ini.

Nahas ini terjadi saat kereta api KRD dari Sidoarjo-Pasar Turi melintas. Penonton yang terjebak di atas viaduck lantas panik dan terjatuh dari ketinggian kurang lebih 5 meter. Tak hanya itu, satu penonton juga terlindas roda kereta dan tewas mengenaskan.

Drama kolosal "Surabaya Membara" digelar dalam rangka memeringati hari Pahlawan 10 November. Drama yang diinisiasi seniman (bukan pemprov Jatim) ini, menampilkan heroisme arek-arek Suroboyo saat bertempur melawan sekutu. Agenda ini digelar setiap tahun dengan melibatkan ratusan aktor dan aktris teater, pelajar dan seniman.


Editor : Himas Puspito Putra