Truk Trailer Terobos Rel KA, Perjalanan Kereta Api Surabaya-Jakarta Terganggu

Ihya' Ulumuddin, Abdul Wakhid ยท Kamis, 08 Agustus 2019 - 13:27 WIB
Truk Trailer Terobos Rel KA, Perjalanan Kereta Api Surabaya-Jakarta Terganggu

Petugas berusaha mengevakuasi truk trailer yang menerobos masuk ke jalur kereta api di wilayah Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, Jatim, Kamis (8/8/2019).(Foto: iNews/Abdul Wakid)

LAMONGAN, iNews.id – Sebuah truk trailer jatuh di wilayah Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim), Kamis (8/8/2019). Truk bernopol B 9339 BEH ini oleng dan tergelincir ke sisi kanan, hingga menerobos jalur kereta api.

Tidak ada korban dalam musibah ini. Namun, kecelakaan tersebut membuat lalu lintas kereta api dari arah Surabaya-Jakarta dan sebaliknya, terganggu. Pasalnya, bagian depan truk berada tepat di atas rel kereta api.

Informasi yang dihimpun iNews.id, kecelakaan ini terjadi saat truk yang dikemudikan Gianto, warga Kertosari, Kecamatan Pakusari, Jember ini melaju kencang dari arah barat. Saat tiba di lokasi, tiba-tiba, truk oleng ke kanan, melompati median jalan setinggi 15 cm dan menerobos masuk ke jalur kereta api.

“Truk sempat menabrak median jalan dan melewati lajur kanan jalan. Namun, kelihatannya laju truk cukup kencang, sehingga menerobos masuk jelur kereta,” kata Kanit Turjawali Polres Lamongan, Ipda Purnomo, Kamis (8/8/2019).


BACA JUGA: Kijang Innova Tabrak Pikap di Tanah Datar Sumbar, Seorang Lansia Tewas


Purnomo mengatakan, posisi depan truk yang berada di atas rel tidak memungkinkan untuk dilalui. Karena itu, pihaknya berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk pengalihan jalur, yakni mengalihkan jalur kereta dari rel sisi utara ke sisi selatan.

“Proses evakuasi kemungkinan memakan waktu. Karena itu, kami berkoordinasi dengan PT KAI agar mengalihkan jalur berjalan efektif,” katanya.

Sementara itu, pengemudi truk, Gianto, mengaku tidak sadar begitu truk yang dikemudikannya tiba-tiba oleng. Alasannya, saat itu dia tengah mengantuk. “Saya mengantuk. Gak sadar tiba-tiba kemudi belok ke kiri, menerobos median jalan,” katanya.


Editor : Maria Christina