Tuntaskan Jalur Lintas Selatan, Pemprov Jatim Bangun 71,685 Km Melalui Dana IDB

Ihya' Ulumuddin · Selasa, 12 November 2019 - 08:55 WIB
Tuntaskan Jalur Lintas Selatan, Pemprov Jatim Bangun 71,685 Km Melalui Dana IDB

Proyek pembangunan JLS. (Foto: Dok iNews).

SURABAYA, iNews.id - Sisa pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) sepanjang 200,60 kilometer (km) akan dikebut. Pengerjaan 71,685 km jalan ke depannya, akan memanfaatkan sistem pendanaan Islamic Development Bank (IDB).

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mengatakan,saat ini JLS telah terbangun sepanjang 379,52 km dan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Karena itu, kami akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk menyiapkan pembangunan tersebut," kata Khofifah kepada wartawan di Kota Surabaya, Jatim, Selasa (12/11/2019).

BACA JUGA: Gebleg Renteng Jadi Ornamen Underpass JJLS dengan NYIA di Kulonprogo

Khofifah mengatakan, dengan koordinasi tersebut, dia berharap JLS segera rampung. Nantinya, konektivitas wilayah utara, tengah dan selatan Jatim bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

"Keberadaan JLS ini nantinya dapat meningkatkan kelancaran arus barang dan jasa, menurunkan biaya logistik antardaerah, mewujudkan akses yang merata ke masyarakat," ujar dia.

BACA JUGA: Pasang Patok Sembarangan, Pelebaran Jalan di Kulonprogo Diprotes Warga

Selain penyelesaian JLS, Pemprov Jatim juga melakukan pembangunan infrastruktur utama untuk mengatasi masalah kekeringan. Dalam APBD 2020, dianggarkan penanganan perpipaan di 85 desa kekeringan.

"Sedangkan untuk beberapa desa yang tidak memiliki atau kesulitan sumber air maka akan dilakukan penanganan dropping air bersih kepada masyarakatnya," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal