Uang Palsu untuk Hiasan Mahar Dipakai Belanja, Pelaku: Saya Khilaf

Pramono Putra ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 17:40 WIB
Uang Palsu untuk Hiasan Mahar Dipakai Belanja, Pelaku: Saya Khilaf

Kapolsek Krian bertanya dengan tersangka pengedar uang palsu. (Foto; iNews/Pramono Putra).

SIDOARJO, iNews.id - Polisi menangkap seorang tersangka pengedar uang palsu di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Puluhan lembar uang palsu pecahan Rp100.000 dan Rp50.000 turut diamankan petugas.

Pemuda asal Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, AS (21), kedapatan bertransaksi menggunakan uang palsu. Tersangka membeli sebuah alat kesenian barongan di pinggiran Sidoarjo.

"Uang ini sebenarnya untuk hiasan mahar. Tapi saya khilaf," kata AS saat digiring ke Mapolsek Krian, Kota Sidoarjo, Jatim, Jumat (11/1/2019).

BACA JUGA: Bikin Uang Palsu secara Tradisional, Kakek dan Cucu Ditangkap Polisi

Kapolsek Krian, Kompol M Kholil mengatakan, tersangka diamankan petugas setelah korban yang baru dikenalnya lewat media sosial, melaporkan ke polisi dugaan penipuan pakai uang palsu.

Menurut dia, korban memang merasa janggal dengan uang yang dipakai tersangka. Untuk memastikan apakah uang ini benar palsu atau tidak, korban mendatangi Mapolsek Krian.

"Uang tersebut memang diindikasi palsu. Dari sana, petugas langsung mengejar korban, dan menangkapnya di sebuah pom bensin kawasan Krian," kata Kholil.

BACA JUGA: Bayar PSK Pakai Uang Palsu, Pria di Kendari Ditangkap Polisi

Selain tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa 34 lembar uang palsu pecahan Rp100.000 dan 1 lembar pecahan Rp50.000. Serta alat kesenian barongan yang dibeli tersangka.

Terkait asal uang palsu itu, tersangka AS mengaku, mendapatkannya dari seorang yang dia kenal di media sosial. Kini polisi tengah mengejar oknum yang diduga memproduksi uang palsu tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal