Usai Tangkap Pemilik Akun Penghina Presiden di Blitar, Polisi Buru Pengedit Foto

Hari Tambayong, Robby Ridwan ยท Selasa, 09 Juli 2019 - 16:10 WIB
Usai Tangkap Pemilik Akun Penghina Presiden di Blitar, Polisi Buru Pengedit Foto

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar menunjukkan bukti-bukti postingan pemilik akun Facebook Aida Konveksi berisi penghinaan kepada Presiden Jokowi di Mapolres Blitar Kota, Jawa Timur, Selasa (2/7/2019). (Foto: iNews/Robby Ridwan)

SURABAYA, iNews.id – Pascapenetapan pemilik akun Facebook Aida Konveksi, Aida Fitri (44), sebagai tersangka kasus dugaan penghinaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Polresta Blitar kini mengejar pelaku pengedit foto kepala negara hingga menyerupai mumi. Pelaku juga bakal dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, kasus ini menjadi perhatian Polda Jatim karena seorang kepala negara merupakan lambang sebuah negara. Karena itu, polisi akan mengusut dan mengejar semua yang terlibat dalam kasus penyebaran foto itu.

Selain pengedit gambar, polisi juga mengembangkan kasus ini. Disinyalir masih ada pihak lain yang terlibat. Polisi pun masih memeriksa saksi-saksi terkait dugaan pelanggaran penghinaan presiden ini.

“Pembuatnya, pengedit fotonya akan ditelusuri dan dikejar. Sabar saja, tunggu saja. Jadi tidak hanya yang menyebarkan saja, pembuat foto atau meme itu juga akan mendapat tindakan,” ujar Barung di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa (9/7/2019).

BACA JUGA:

Hina Presiden, Perempuan Pemilik Akun Aida Konveksi di Blitar Jadi Tersangka

Perempuan Asal Blitar yang Hina Presiden Jokowi Mengaku Khilaf dan Minta Maaf

Penyidik Polresta Blitar sebelumnya telah menetapkan Aida Fitri (44), pemilik akun Facebook Aida Konveksi sebagai tersangka setelah penyidik memeriksa pelaku yang diduga menghina Presiden Jokowi di media sosial, Senin (8/7/2019). Tersangka dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Penetapan status tersangka itu dilakukan setelah penyidik menyelidiki secara mendalam kasus unggahan tersebut,” kata Kasatreskim Polresta Blitar AKP Heri Sugiono.

Kasus itu bermula dari aduan dan penelusuran tim patroli siber di akun jejaring sosial Facebook dengan nama Aida Konveksi. Pemilik akun diketahui mengunggah foto mumi firaun yang wajahnya diedit mirip wajah Presiden Jokowi dan diberi keterangan foto “the new firaun”.

Selain itu, juga terdapat unggahan lainnya dengan baju mirip baju kebesaran hakim dengan wajah diganti wajah binatang. Dalam keterangan foto disebutkan “iblis berwajah anjing”.

Dari hasil pemeriksaan, akun itu diketahui benar milik tersangka dan sudah tiga tahun terdaftar di Facebook. Yang bersangkutan menggunakan telepon seluler miliknya untuk mengunggahnya. Aida Fitri juga mengakui telah membagikan foto tersebut di media sosialnya pada Minggu (30/6/2019) sekitar pukul 20.00 WIB di rumah.

Postingan ini mendapat banyak respons dari para netizen. Mereka membagikan foto pemilik akun dan postingannya yang dinilai menghina Presiden itu ke pihak kepolisian agar segera diproses hukum.


Editor : Maria Christina