Warga di Sidoarjo Temukan Ular Raksasa saat Perbaiki Saluran Air

Pramono Putra ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 18:58 WIB
Warga di Sidoarjo Temukan Ular Raksasa saat Perbaiki Saluran Air

Ular piton raksasa di Sidoarjo jadi tontonan warga. (Foto: iNews/Pramono Putra).

SIDOARJO, iNews.id - Seekor ular piton raksasa seberat 100 kilogram dengan panjang 5 meter ditangkap warga di Desa Watesari, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim). Ular ini ditemukan di aliran sungai perkampungan tersebut.

Sekretaris Desa Watesari, Kecamatan Balongbendo, Pramono mengatakan, awal mula ditemukannya ular ini pas warga tengah gotong royong memperbaiki saluran air. Lalu, linggis dari mereka mengenai badan ular tersebut.

BACA JUGA: Ular Sanca Pemakan Hewan Ternak Warga Serpong Utara Tertangkap

"Panjang sekitar 5 meter, beratnya 100 kilogram," kata Pramono saat ditemui iNews di Desa Watesari, Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, Jatim, Sabtu (8/12/2018) sore.

Ular didapati warga ketika membuka bongkahan lempeng beton bekas kanal air. Awalnya sempat dikira biawak, namun aliran air digali lebih dalam, ternyata seekor ular yang sedang melingkar di dalam lubang.

Sekarang, ular tersebut dimasukkan dalam kandang di rumah salah satu warga. Sementara waktu memang hanya menjadi tontonan masyarakat sekitar, agar binatang tersebut tetap hidup mereka memberikannya potongan ayam untuk dimakan.

BACA JUGA: Gerebek Sampah, Petugas LH DKI Temukan Ular Kobra di Kali Pesanggrahan

"Rencananya ular akan diserahkan ke BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Jatim," ujar dia.

Karyono (43) warga di Desa Watesari yang sementara waktu menampung ular piton raksasa ini membenarkan bahwa ular tersebut ada di rumahnya. Dia memelihara ular tersebut karena merasa tertarik saja.

"Jenisnya sanca kembang," kata dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal