Waspadai Carok Massal, Pasukan Brimob Diturunkan Kawal Pilkades di Sumenep

Ihya' Ulumuddin, Antara ยท Kamis, 07 November 2019 - 19:15 WIB
Waspadai Carok Massal, Pasukan Brimob Diturunkan Kawal Pilkades di Sumenep

Pasukan Brimob diturunkan untuk membantu pengamanan lokasi. (Foto: Dok iNews).

SUMENEP, iNews.id - Pasukan Brimob dari Polda Jawa Timur (Jatim) diterjunkan ke lokasi pelaksanaan pemilihan kepada desa (Pilkades) yang berlangsung rusuh di Desa Juruan Laok, Kabupaten Sumenep Madura. Massa pendukung pasangan calon nyaris melakukan carok (saling bacok dengan celurit) massal.

"Hingga malam ini pasukan Brimob dari Polda Jatim yang diperbantukan mengamankan Pilkades. Mereka masih bertahan di sana," kata Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Kamis (7/11/2019).

Pelaksanaan pilkades ricuh di Desa Juruan Laok, Kecamatan Batuputih, menyebabkan fasilitas di tempat pemungutan suara rusak diamuk massa. Di antaranya, kotak suara, surat suara, hingga bilik suara.

BACA JUGA: Ingin Menangkan Calon Kades, Warga di Garut Ancam Pemilih Pilkades Pakai Golok

Massa yang mengamuk ini kecewa karena bakal calon mereka tidak bisa bersaing pada pemilihan. Massa menilai, ada unsur kesengajaan dari pihak Pemkab Sumenep, sehingga mereka bertindak dengan cara merusak fasilitas di area Pilkades agar pesta demokrasi di tingkat desa itu gagal.

"Atas dasar itulah, kami menggerakkan personel dari Brimob Polda Jatim. Karena massa dari pendukung calon kepala desa lainnya tidak terima dengan ulah sekelompok massa tersebut," ujar dia.

BACA JUGA: Anak Kades di Bengkulu Utara Ditangkap karena Bakar Mobil Tetangga

Sementara itu, pada pelaksanaan Pilkades di Sumenep kali ini, sebanyak 2.900 personel polisi digerakkan mengamankan pesta demokrasi di tingkat desa itu. Mereka merupakan personel dari jajaran Polres Sumenep dan personel bantuan dari polres-polres lain di jajaran Polda Jatim.

Pelaksanaan Pilkades serentak kali ini untuk beberapa kecamatan di wilayah daratan, dan selanjutnya pada 14 November 2019 di berlangsung di 52 desa wilayah kepulauan. Total jumlah desa yang melaksanakan Pilkades serentak di Sumenep sebanyak 226 desa.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal