Jelang Ramadan, Persediaan Daging dan Ayam di Tanah Laut Aman

Zulkifli Yunus ยท Rabu, 02 Mei 2018 - 17:33 WIB
Jelang Ramadan, Persediaan Daging dan Ayam di Tanah Laut Aman

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tala Suharyo. (foto: iNews.id/Zulkifli Yunus)

PELAIHARI, iNews.id - Menjelang bulan suci Ramadan Dinas Peternakan Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan persediaan daging dan ayam potong aman. Hanya saja dinas peternakan mengaku tidak dapat memastikan apakah akan terjadi kenaikan atau stabil.

Permintaan daging sapi dan ayam potong cenderung meningkat saat Ramadan. Menanggapi potensi meningkatnya permintaan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tala Suharyo mengatakan, persedian akan kedua kebutuhan pokok tersebut dijamin masih aman.

Menurutnya, populasi sapi dan ayam potong di Tala cukup untuk menopang kebutuhan kedua komoditas tersebut. Bahkan stok yang ada cukup jika dilimpahkan ke provinsi tetangga atau selain daerah di Kalsel.

Berdasarkan data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tala jumlah sapi potong mencapai 80 ekor, ayam potong 20 juta ekor, ayam petelur 15 juta, ayam buras 10 juta dan bebek mencapai lima juta ekor.

"Kami ini sentranya ayam, sentranya sapi. Kalau untuk kebutuhan Tanah Laut saja melimpah ruah bahkan sanggup untuk berbagi ke daerah lain. Namun, yang dikhawatirkan justru dari luar Kalimantan Selatan. Permintaan telur dan daging biasanya meningkat. Sudah 10 tahun ini Tanah Laut tidak pernah terjadi istilahnya orang ribut karena tidak mendapatkan daging ayam daging sapi," kata Suharyo di Tala, Rabu (2/5/2018).

Seorang pedagang ayam potong Mariana mengaku permintaan konsumen akan ayam potong meningkat. Sebelumnya permintaan tidak pernah lebih dari 25 ekor tapi berapa hari terakhir permintaan mencapai 50 ekor.

"Jumlahnya meningkat jadi 50 ekor sehari. Kondisi tersbeut mendekati hari-hari besar keagamaan termasuk Ramadan. Saat ini naik harga daging ayam naik Rp20.500 per ekor dari Rp19.000," ucap Mariana.


Editor : Achmad Syukron Fadillah