12 Kepala Daerah di Kalsel Dukung Jokowi-Ma'ruf, Incar 70 Persen Suara

Deny M Yunus ยท Sabtu, 06 Oktober 2018 - 19:48 WIB
12 Kepala Daerah di Kalsel Dukung Jokowi-Ma'ruf, Incar 70 Persen Suara

Para kepala daerah dan wakil kepala daerah 12 kabupaten/kota di Kalsel mendeklarasikan dukungan pada Jokowi-Ma'ruf Amin, di Banjarmasin, Kalsel, Sabtu (6/10/2018). (Foto: iNews/Deny M Yunus)

BANJARMASIN, iNews.id – Sebanyak 12 kepala daerah dari 13 kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyatakan dukungannya kepada pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Dukungan para kepala daerah ini menambah optimisme tim yang mengincar target kemenangan hingga 70 persen suara di provinsi itu.

Dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf Amin itu disampaikan 12 kepala daerah atau wakil dari kabupaten/kota di Kalsel lewat deklarasi, Sabtu siang (6/10/2018). Daerah tersebut yakni, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Kota Baru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupten Balangan, Kota Banjarmasin, Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan Kota Banjarbaru.

BACA JUGA:

10 Kepala Daerah di Sumbar Deklarasi Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Jokowi-Ma'ruf Amin Ditargetkan Raih 80 Persen Suara di NTB

Sah, Yenny Wahid dan Gusdurian Dukung Jokowi-Ma'ruf

Deklarasi digelar di Posko Tim Kampanye Daerah (TKD) Provinsi Kalsel untuk Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin yang sekaligus diresmikan tadi. Selain dari kabupaten-kota, dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin, juga mengalir dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Di tim ini, Sahbirin Noor yang juga ketua DPD Partai Golkar Kalsel didaulat sebagai penasihat parpol koalisi petahana sedangkan mantan gubernur Kalsel Rudy Ariffin dipercaya sebagai penasihat tim pemenangan.

“Deklarasi digelar jam 01. Kenapa? Karena sesuai dengan nomor urut Jokowi-Ma’ruf Amin,” ujar Ketua DPD PDIP Kalsel Mardani H Maming.

Mardani mengatakan, dari 13 kabupaten/kota di Kalsel, tinggal satu kepala daerah yang belum menyatakan dukungan, yakni Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Tengah Chairansyah. Namun, tim masih menunggu keputusan akhir dari yang bersangkutan.

Sementara khusus untuk Kota Banjarmasin, meskipun wali kotanya yang merupakan kader PKS tidak mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin, wakil wali kotanya telah menyatakan dukungan. Karena itu, dia mengklaim kepala daerah Kota Banjarmasin juga ikut mendukung pasangan nomor urut 01 itu.

“Jadi dari para kepala daerah yang dibacakan semua tadi, hanya wali kota Banjarmasin dan bupati Hulu Sungai Tengah yang belum final. Ini masih kami lobi. Mudah-mudahan bisa. Kalau bisa, berarti semua 13 kabupaten dan kota semua tanda tangan, hanya wali kota Banjarmasin yang tidak tanda tangan,” papar Mardani.

Mardani mengatakan, dengan dukungan dari 12 kepala daerah di Kalsel, TKD untuk Pemenangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Kalsel optimistis bisa meraih suara signifikan pada Pilpres 2019 nanti. Targetnya 70 persen ke atas.

“Mudah-mudahan ini tercapai mengingat pengalaman pilpres sebelumnya, kami hanya kalah 1 persen sehingga kita tidak bisa mengajukan nama putra Kalsel di kabinet. Mudah-mudahan di Pilpres kali ini, suara Jokowi-Ma’ruf Amin di Kalsel menang signifikan sehingga itu akan menjadi nilai juga bagi masyarakat Kalsel,” paparnya.

Sementara Penasihat TKD Kalsel untuk Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin, Rudy Ariffin juga optimistis dengan dukungan 12 kepala daerah di Kalsel, Jokowi-Ma’ruf Amin akan meraih kemenangan di Kalsel pada Pilpres 2019 nanti. “Targetnya, seperti disampaikan tadi, kami mudah-mudahan di posisi di atas 60 persen dan kami berharap bisa mencapai 70 persen dari perolehan suara,” paparnya.

Mengenai Plt Bupati Hulu Sungai Tengah Chairansyah yang belum memberi keputusan apakah mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin atau tidak, menurut Rudy hal yang wajar. Sebab, posisinya masih sebagai plt menyusul Bupati nonaktif Hulu Sungai Tengah yang masih dalam proses hukum.

“Walaupun ini kaitannya hanya masalah pribadi, tapi kan mau tidak mau, beliau juga harus memahami posisi beliau sebagai plt di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, jadi saya kira tidak perlu dipermasalahkan. Yang penting kita melihat tadi bahwa hampir seluruh bupati wali kota, wakil bupati, wakil wali kota, ikut memberikan dukungan kepada pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin” katanya.

Selain dukungan dari 12 kepala daerah di Sulsel, deklarasi turut dilakukan para pengurus partai politik pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019, yakni Partai Golkar, PDIP, PPP, PKB, NasDem, Hanura, PKPI, Partai Perindo dan PSI.


Editor : Maria Christina