Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Banjarmasin, Sungai Barito Jadi Lautan Api

iNews Siang ยท Jumat, 25 Mei 2018 - 14:32 WIB
Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Banjarmasin, Sungai Barito Jadi Lautan Api

BANJARMASIN, iNews.id – Kapal tanker MT Srikandi milik PT Pertamina yang sedang bersandar di dermaga tiba-tiba terbakar, Jumat (25/5/2018) pukul 02.00 WITA. Sungai Barito Muara Kuin di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) pun berubah menjadi lautan api.

Terlihat dalam rekaman video amatir, kapal tanker MT Srikandi bernomor lambung 511 terbakar. Jarak tanker dengan tangki penyimpanan BBM Depo Pertamina sangat dekat. Karena saat kejadian kapal sedang sandar untuk memindahkan BBM.

Saksi mata di lokasi Kapten Kapal Tugboat KM Rimau PDT 208, Sapri Eko mengatakan, pagi itu sungai penuh dengan api dan kepulan asap pekat.

Tumpahan minyak yang dibawa arus sungai menyebabkan penyebaran api cukup cepat terjadi. Sungai tiba-tiba penuh dengan api dan langsung menyambar beberapa kapal yang lokasinya cukup jauh dari kapal tanker Pertamina yang diduga pengangkut solar tersebut.

Seorang Satpam agen kapal curah Zainal Arifin yang berjaga pada saat peristiwa terjadi menuturkan, saat peristiwa terjadi air sungai sedang surut sehingga api dengan cepat memenuhi sungai dan menyambar beberapa kapal lainnya.

Beberapa ABK yang berada di kapal berhasil diselamatkan ke lokasi terdekat, seperti pabrik semen curah. Kendati api telah padam, banyak warga masih berada di lokasi untuk menyaksikan peristiwa tersebut dan hingga kini tampak beberapa aparat di lokasi melakukan penyelidikan.

Video Editor: Khoirul Anfal


Editor : Dani Dahwilani