Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Kabupaten Kotabaru

Antara · Minggu, 27 Mei 2018 - 10:23 WIB
Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Kabupaten Kotabaru

Ilustrasi. (Foto: do.okezone)

KOTABARU, iNews.id - Puluhan unit rumah warga di Desa Teluk Kemuning, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), rusak diterjang angin puting beliung.

"Tadi pagi kami medapatkan informasi dari warga," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru, Rusian Ahmadi Jaya, Minggu (27/5/2018).

Bencana alam di Desa Pesisir yang berjarak sekitar 120 kilometer dari ibukota kabupaten terjadi pada pukul 05.30 WITA. Suasana mencekam meliputi warga yang baru menunaikan salat subuh setelah bersahur.

Angin yang berputar sangat cepat dalam waktu singkat menyebabkan beberapa pohon tumbang menimpa rumah warga. Tak hanya itu, angin juga menerbangkan atap rumah mereka.

"Kami melakukan konfirmasi ke polsek dan mendapatkan data dari mereka. Ada 10 unit rumah yang terdampak," ujar Rusian.

Rata-rata rumah yang terdampak menderita kerusakan pada bagian atap, baik hanya sebagian kecil hingga yang kondisinya cukup parah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Sementara itu, menindaklanjuti bencana alam yang terjadi BPBD Kabupaten Kotabaru secepatnya akan mendistribusikan bantuan tanggap darurat bagi warga yang rumahnya menjadi korban. "Paling lambat Minggu kami akan kirimkan bantuan logistik," katanyanya.

Angin puting beliung rentan terjadi pada musim pancaroba seperti saat ini. Perubahan cuaca yang tidak menentu kerap memicu terjadinya cuaca ekstrem. Dalam sepekan ini potensi hujan lebat dan angin kencang di Kabupaten Kotabaru juga cukup tinggi.


Editor : Muhammad Saiful Hadi