Keputusan Impor Pemerintah Bikin Harga Garam Lokal Anjlok

iNews Pagi ยท Senin, 16 April 2018 - 14:40 WIB
Keputusan Impor Pemerintah Bikin Harga Garam Lokal Anjlok

SUMENEP, iNews.id - Kebijakan impor garam oleh pemerintah pusat terus menuai polemik. Sejumlah pihak menilai kebijakan impor garam untuk memenuhi kebutuhan garam industri kurang tepat lantaran mengancam keberadaan garam lokal.

Meski menuai polemik, pemerintah tetap mengimpor garam untuk memenuhi kebutuhan garam industri dalam negeri. Kebijakan ini dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 9 tahun 2018.

Dampak impor garam yang dirasakan oleh para petani garam adalah anjloknya harga garam lokal. Setiap musimnya petani terpaksa menjual garam dengan harga miring.

Sementara itu, sejumlah pihak menilai kebijakan impor garam terlalu dipaksakan. Himpunan Masyarakat Petani Garam (HMPG) Jawa Timur meminta pemerintah mengkaji kembali kebijakan tersebut mengingat tahun ini produksi garam dalam negeri cukup tinggi.

Data dari Kemeterian Industri menyebutkan kebutuhan garam nasional sekitar 3,7 juta ton. Namun tidak sedikit pula yang meragukan validasi jumlah kebutuhan garam industri tersebut. Sementara itu pada 2018, petani garam lokal mampu memproduksi garam sebanyak 1,7 juta ton.

 

Video Editor: Alvian Surya


Editor : Dani Dahwilani