2 Polisi Luka-luka Setelah Sengaja Ditabrak Komplotan Pencuri Kayu

Muhammad Tamyiz ยท Senin, 09 Juli 2018 - 18:10 WIB
2 Polisi Luka-luka Setelah Sengaja Ditabrak Komplotan Pencuri Kayu

Kapolres Barito Kuala AKBP Mugi Sekar Jaya mengunjungi Bripda Surya Humaidi yang ditabrak komplotan pencuri, Senin (9/7/2018). (Foto: iNews/Muhammad Tamyiz)

BARITO KUALA, iNews.id – Dua anggota Polres Barito Kuala Kalimantan Selatan (Kalsel) dilarikan ke Rumah Sakit Banjarmasin, Senin (9/7/2018) karena mengalami luka-luka setelah ditabrak komplotan pencuri kayu ulin. Kedua polisi yang mengendarai sepeda motor ditabrak pelaku dengan mobil Toyota Avanza, dari arah Kota Marabahan menuju Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kedua korban yang bertugas di Barito Reaksi Cepat (BRC) Polres Barito Kuala itu yakni, Briptu Dianto, yang luka di bagian pinggang. Sementara Bripda Surya Humaidi mengalami patah di kaki kanan.

Peristiwa tersebut berawal saat keduanya mencegat mobil pencuri kayu ulin di jalan kawasan Kilometer (km) 25 Anjir Muara, Senin pukul 4.00 Wita. Karena ingin menghindar, komplotan pencuri berjumlah tiga orang itu nekat menabrak Briptu Dianto dan Bripda Surya Humaidi.

“Saat kami kejar, kami berikan tembakaran peringatan. Setelah itu, kami kira mereka berhenti, ternyata mereka malah ngejar balik. Kami ditabrak dari arah Marabahan menuju Kalteng,” kata Briptu Dianto di RS Banjarmasin.

Sementara Bripda Surya Humaidi yang mengalami patah kaki kanan mengatakan, dia sempat tidak sadarkan diri karena terpental sejauh 2 meter saat ditabrak komplotan pencuri. “Kami sudah berikan tembakan peringatan, mereka tidak berhenti juga. Ternyata kami justru disenggol hingga terpental. Saya terpental hingga sejauh 2 meter dari kendaraan,” papar Surya Humaidi.

Sementara Kapolres Barito Kuala AKBP Mugi Sekar Jaya saat mengunjungi kedua anggotanya membenarkan keduanya terluka usai ditabrak komplotan pencuri kayu ulin, Minggu malam (6/7/2018) hingga dini hari. Kedua anggotanya saat kejadian bertugas di Tim BRC.

Kronologi kejadian berawal dari informasi yang mereka terima dari warga Kota Marabahan mengenai pencurian kayu ulin. Tim BRC yang dibentuk khusus untuk menangani kejahatan jalanan segera merespons laporan tersebut dan memburu pelaku yang diketahui merupakan komplotan.

“Tim BRC berusaha melakukan penyekatan, ternyata yang bersangkutan sudah lewat persis di depan mereka. Saat pengejaran, para pelaku menghindari tim BRC. Setelah tembakan peringatan, pelaku menabrakkan mobil ke anggota hingga mengalami luka,” kata AKBP Mugi Sekar Jaya.

Saat kejadian tersebut, pelaku juga menabrak badan jalan di sekitar kawasan itu. Dengan bantuan warga, polisi berhasil mengamankan salah satu dari komplotan pencuri berinisial MW, warga Kalteng, bersama mobil Toyota Avanza bermuatan kayu ulin yang digunakan menabrak kedua polisi. Sementara dua lainnya berhasil kabur dan masih diburu polisi.

“Mereka mencuri kayu ulin dari toko bangunan di Marabahan kota. Sejauh ini masih dalam pemeriksaan. Yang dicuri sedikit. Kalau dilihat modusnya, memang mereka mencari apa saja yang bisa dicuri,” paparnya.


Editor : Maria Christina