Viral Pernikahan 2 Bocah di Tapin, Ini Kata Kanwil Kemenag Kalsel

Zainal Hakim · Rabu, 18 Juli 2018 - 13:07 WIB
Viral Pernikahan 2 Bocah di Tapin, Ini Kata Kanwil Kemenag Kalsel

Dua remaja di Tapin, Kalimantan Selatan melangsungkan pernikahan meski baru kenal satu bulan. (Foto: iNews.id)

BANJARMASIN, iNews.id – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan menyayangkan terjadinya pernikahan dini pasangan muda berinisial ZA (14) dan IB (15) yang viral di media sosial (medsos). Selain tidak terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA), keabsahan pernikahan itu juga tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Kepala Seksi Kepenghuluan Bidang Urais Kanwil Kemenag Kalsel Sulaiman mengatakan, dalam pernikahan muda mudi di bawah umur itu, ada rukun nikah yang tidak terpenuhi. Karena saat ijab kabul tanpa dihadiri ayah kandung dari mempelai perempuan.

Menurutnya, untuk menjawab keraguan keabsahan akad nikah pasangan ABG harus dengan mengujinya. Pihak keluarga harus membuka sidang di Pengadilan Agama setempat agar status pernikahan ini berketetapan hukum.

“Kasus ini menjadi pembelajaran, saya harap ke depan, petugas KUA berkoordinasi dengan aparatur kecamatan dan kelurahan desa untuk mencegah praktik pernikahan siri, karena banyak kerugian bagi pihak mempelai perempuan,” kata Sulaiman, Rabu (18/7/2018).


BACA JUGA:

Viral, ABG Menikah Siri di Kalimantan Selatan

Sebulan Pacaran, 2 Bocah di Kalsel Ini Nekat Menikah, Ini Alasannya


Sementara komisi IV DPRD Kalsel mengusulkan kasus pernikahan dini masuk dalam pasal Rancangan Peraturan Daerah (ranperda) tentang Perlindungan Anak,   yang saat ini masih dalam proses pembahasan.

Kasus viralnya pernikahan dua anak bau kencur di Kabupaten Tapin dinilai lebih banyak mudarat ketimbang manfaatnya. Kasus ini sebagai peringatan bagi orang tua untuk memprioritaskan pendidikan anak di lingkungan keluarga.

“Kami mengusulkannya memasukan hal ini ke Ranperda yang lagi dalam pembahasan,” kata Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel M Lutfi Saifuddin.

Diketahui, ijab kabul dan resepsi pernikahan digelar di rumah nenek ZA, di Jalan Saka Permai, Desa Tungkap, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Kalsel, Jumat (13/7/2018). Tak lama usai hajatan, foto-foto pernikahan mereka viral di jagat maya.


Editor : Donald Karouw