1 Penumpang KM Satya Kencana yang Terbakar Tewas

Deny M Yunus ยท Sabtu, 04 Agustus 2018 - 18:22 WIB
1 Penumpang KM Satya Kencana yang Terbakar Tewas

Sejumlah ambulans disiapkan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin untuk mengevakuasi para penumpang KM Satya Kencana Sembilan yang terbakar. (Foto: iNews/Deny M Yunus)

BANJARMASIN, iNews.id – Kapal KM Satya Kencana IX yang terbakar dalam perjalanan dari Surabaya menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), merenggut satu korban jiwa laki-laki, Sabtu (4/8/2018). Penumpang yang diperkirakan berusia 50 tahun itu diduga tewas karena kelelahan. Sementara ratusan penumpang dan awak kapal tersebut dalam proses evakuasi ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Puluhan ambulans disiagakan di Dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sejak Sabtu siang. Ambulans ini disiapkan untuk mengangkut para korban kapal terbakar ke rumah sakit terdekat.

Danlanal Banjarmasin Kolonel (P) Wijayanto mengatakan, dua kapal yang mengevakuasi para penumpang KM Setya Kencana IX sedang dalam perjalanan menuju Pelabuhan Trisakti. KM Niki Sea yang membantu proses evakuasi, membawa 141 orang yang terdiri atas 112 penumpang dan satu di antaranya tewas dan ABK sebanyak 29 orang.

“Informasinya ada satu penumpang yang meninggal, usianya sekitar 50 tahun,” kata Kolonel (P) Wijayanto.

KM Niki Sea diperkirakan sandar di Pelabuhan Trisakti pukul 18.00 Wita. Sedangkam kapal kedua yang ikut mengevakuasi korban, KM Kumala yang mengangkut 84 orang terdiri atas 64 penumpang dan sisanya ABK. KM Kumala diperkirakan tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pukul 20.00 Wita.

BACA JUGA: Bawa 250 Penumpang, KM Satya Kencana Terbakar di Tanjung Selatan

Kepala SAR Banjarmasin Mujiono di Banjarmasin membenarkan ada satu penumpang yang tewas. Korban diduga kelelahan saat kebakaran dan proses evakuasi.

Peristiwa terbakarnya kapal ini membuat cemas salah seorang keluarga penumpang, Armansyah. Salah seorang adiknya menumpang di kapal tersebut. “Saya dapat kabar ada kebakaran kapal dari sopir truk. Tapi waktu saya hubungi, sudah tidak bisa lagi. Saya cemas sekali sekarang,” kata Armansyah.

KM Satya Kencana IX yang dioperasikan PT Dharma Lautan mengangkut 225 orang (sebelumnya disebutkan 250 orang), yang terdiri atas penumpang dan awak kapal. Kapal ini terbakar 54 mil barat daya Tanjung Selatan atau sekitar 90 mil dari Banjarmasin pada Sabtu (4/8/2018) pukul 05.35. Kapal berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jumat (3/8/2018) sekitar pukul 11.00 WIB. Sebelumnya kapal dijadwalkan tiba di Banjarmasin, Sabtu siang.


Editor : Maria Christina