Penumpang KM Satya Kencana Terombang-ambing 2 Jam di Lautan

Antara, Denny M Yunus ยท Sabtu, 04 Agustus 2018 - 20:12 WIB
Penumpang KM Satya Kencana Terombang-ambing 2 Jam di Lautan

Danlanal Banjarmasin Kolonel (P) Wijayanto dan Basarnas berkoordinasi dalam proses evakuasi penumpang KM Setya Kencana IX yang terbakar. (Foto: iNews/Deny M Yunus)

BANJARMASIN, iNews.id – Para penumpang Kapal Motor (KM) Satya Kencana IX yang terbakar di laut, berhasil dievakuasi ke Terminal Penumpang Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Sabtu (4/8/2018). Para penumpang mengaku sempat terombang-ambing di lautan selama dua jam sebelum diselamatkan oleh Kapal Motor Niki Sea yang melintas.

”Saya sempat terombang-ambing selama dua jam di lautan. Saya hanya memakai life jacket atau rompi keselamatan di atas perahu sekoci,” kata salah satu penumpang KM Satya Kencana IX, Suroso.

Suroso mengatakan, sebelum kapal terbakar, dia mendengar suara ledakan di bagian buritan atau belakang kapal. Setelah ledakan itu, muncul asap tebal dan kapal diperkirakan mulai terbakar. Namun, para penumpang tetap tertib dan tidak panik sambil mendengarkan aba-aba dari petugas kapal.

BACA JUGA:

Bawa 250 Penumpang, KM Satya Kencana Terbakar di Tanjung Selatan

1 Penumpang KM Satya Kencana yang Terbakar Tewas

Tidak lama kemudian, petugas kapal atau Anak Buah Kapal (ABK) menaikkan satu per satu para penumpang kapal yang terbakar ke sekoci. Mereka kemudian diturunkan ke lautan sambil menunggu pertolongan.

”Barang-barang tidak ada yang terselamatkan, hanya baju di badan saja. Mobil angkutan saya pun tidak tahu bagaimana jadinya,” tutur pria yang berprofesi sebagai sopir truk ekspedisi itu.

KM Satya Kencana IX terbakar sekitar pukul 05.35 Wita, Sabtu (4/8/2018). Kapal ini terbakar di perairan Tanjung Selatan di titik 54 mil barat daya Tanjung Selatan atau sekitar 90 mil dari Banjarmasin. Kapal berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jumat sekitar pukul 11.00 WIB. Sebelumnya kapal dijadwalkan tiba di Banjarmasin, Sabtu siang.

Setelah tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, sejumlah penumpang terlihat menangis atas kejadian yang mereka alami. Mereka bersyukur selamat dari musibah itu. ”Alhamdulillah, kita selamat dan sampai ke daratan. Allah masih sayang kita,” kata seorang penumpang kapal yang terbakar.

Danlanal Banjarmasin Kolonel (P) Wijayanto sebelumnya mengatakan, KM Niki Sea yang membantu proses evakuasi membawa 141 orang. Sebanyak 112 di antaranya penumpang dan satu di antaranya tewas serta ABK sebanyak 29 orang. “Informasinya ada satu penumpang yang meninggal, usianya sekitar 50 tahun,” kata Kolonel (P) Wijayanto.

Selain KM Niki Sea, kapal kedua yang ikut mengevakuasi korban yakni, KM Kumala. Kapal ini mengangkut 84 orang terdiri atas 64 penumpang dan sisanya ABK. KM Kumala tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pukul 20.00 Wita.

Dari pantauan, saat KM Niki Sea tiba di Terminal Penumpang Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, terlihat beberapa korban KM Satya Kencana IX mengalami cedera. Ada juga penumpang yang dibawa menggunakan tandu karena pingsan dan satu orang meninggal dunia.


Editor : Maria Christina