Gudang Padi di Barito Kuala Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp500 juta

Muhammad Tamyiz ยท Selasa, 04 September 2018 - 17:19 WIB
Gudang Padi di Barito Kuala Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp500 juta

Garis polisi yang terpasang di gudang padi milik warga yang terbakar di Barito Kuala, Kalsel. (Foto: iNews/M Tamyiz)

MARABAHAN, iNews.id – Sebuah gudang padi yang terletak di Desa Belawang, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (Kalsel) terbakar, Selasa (4/9/2018). Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang dirangkum iNews, api pertama kali terlihat menjelang pukul 02.00 WIB dini hari. Kobaran api semakin tak terkendali hingga melalap nyaris seluruh bangunan dan isi gudang tersebut. Bahkan dua unit kendaraan roda empat ikut hangus lantaran tak sempat dievakuasi.

Saksi di lokasi Sarwadi yang juga merupakan anak pemilik gudang mengatakan, musibah kebakaran terjadi dini hari dimana sebagian masyarakat sedang beristirahat. “Saya mendapat laporan gudang sudah terbakar, saat tiba api sudah melalap bangunan,” katanya di lokasi tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran, Selasa (4/9/2018).

Gudang milik Haji Iril yang biasa dipergunakan warga untuk menyimpan padi itu kini tinggal menyisakan timbunan abu. Tak ada warga yang mengetahui pasti awal munculnya api. Namun saat kejadian, lampu di bangunan gudang sedang padam.

“Saya tahunya api sudah membesar. Saat itu di wilayah sini sedang terjadi pemadaman lampu menyeluruh dari PLN,” kata Slamet Riyadi, yang rumahnya berdekatan dengan gudang tersebut.

Atas musibah itu, kerugian materiel yang ditimbulkan ditaksir mencapai Rp500 juta. Petugas sudah memasang garis polisi dan masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.  Beberapa yang ikut terbakar yakni dua mobil pikap L300, satu unit sepeda motor, dan 300 blek padi yang turut terbakar.


Editor : Donald Karouw