5 Rumah di Barito Kuala Hangus Terbakar, Diduga karena Korsleting

Muhammad Tamyiz ยท Sabtu, 27 Oktober 2018 - 19:16 WIB
5 Rumah di Barito Kuala Hangus Terbakar, Diduga karena Korsleting

Puing-puing rumah warga yang terbakar di kawasan Desa Pendalaman, Kabupaten Barito Kuala, Kalsel, Sabtu (27/10/2018). (Foto: iNews / Muhammad Tamyiz)

BARITO KUALA, iNews.id – Kebakaran melanda kawasan Desa Pendalaman, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (27/10/2018). Lima rumah warga hangus terbakar dalam kejadian itu, namun tidak ada korban jiwa.

Informasi yang diperoleh iNews, api diduga bersumber dari korsleting listrik di salah satu rumah kosong milik warga Siti Aisyah. Rumah tersebut sudah dua bulan ditinggalkan pemiliknya. Para korban mengaku melihat langsung api muncul dari rumah itu hingga membesar dan merembet ke rumah warga lain.

Sebuah video amatir yang sempat terekam oleh warga setempat juga menunjukkan api pertama kali membakar salah satu rumah kosong, Sabtu pagi. Karena lokasi kejadian merupakan kawasan pasar dan padat penduduk, api cepat menyebar.

“Kira-kira jam 7.30 pagi tadi, apinya dari rumah tetangga. Kemungkinan karena korsleting listrik. Di rumah itu enggak ada orangnya, sudah lumayan lama ditinggal,” kata salah satu korban, Karmila.


BACA JUGA:

Rumah di Borobudur Magelang Kebakaran, Pensiunan TNI Tewas Terbakar

Gudang Penyimpanan Material Terbakar, Diduga karena Korsleting


Karmila saat ini bingung tinggal di mana bersama keluarganya karena bangunan rumahnya rata dengan tanah. Untuk tempat tinggal sementara, dia dan para korban kebakaran mendirikan tenda di depan rumah. “Kami berharap dapat bantuan dari pemerintah supaya bisa membangun rumah yang terbakar,” kata Karmila.

Sementara Ketua RT 3, Jailani yang juga korban kebakaran membenarkan asal mula api dari rumah kosong yang cukup lama ditinggalkan pemiliknya. Saat kejadian, dia sedang tak di rumah. Namun, dia sempat melihat api muncul dari salah satu rumah kosong dan merembet ke rumah lain.

“Apinya dari rumah kosong milik Siti Aisyah, sepertinya karena korsleting listrik. Ada lima rumah yang terbakar, termasuk rumah saya, Samsudin, Karmila, Siti Aisyah, dan Mastura,” katanya.

Pemadam kebakaran yang mendapat informasi langsung berusaha memadamkan api sehingga tidak menyebar ke rumah warga. Beberapa rumah warga sempat dijilat api, namun berhasil diselamatkan.

Pascakebakaran, masyarakat setempat bergotong royong membuat posko bantuan. Mereka berharap mendapat bantuan agar bisa segera membangun kembali rumah yang hangus terbakar.


Editor : Maria Christina