Bawa 250 Penumpang, KM Satya Kencana Terbakar di Tanjung Selatan

Antara, Denny M Yunus ยท Sabtu, 04 Agustus 2018 - 12:41 WIB
Bawa 250 Penumpang, KM Satya Kencana Terbakar di Tanjung Selatan

Ilustrasi kapal terbakar. (Foto: Koran SINDO)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

BANJARMASIN, iNews.id – Kapal Motor (KM) Satya Kencana IX yang sedang menempuh perjalanan dari Pelabuhan Surabaya menuju Banjarmasin terbakar, Sabtu (4/8/2018). Kapal yang mengangkut 250 penumpang itu terbakar di tengah laut, sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan, Kalimantan Selatan.

Humas Kesyahbandaran dan Operasional Pelabuhan (KSOP) Trisakti Banjarmasin Wahono mengatakan, sistem informasi stasiun pantai yang terhubung dengan KM Nikisae menyebutkan peristiwa itu terjadi pukul 05.35 WIB. Saat ini, seluruh penumpang sedang dalam proses evakuasi ke kapal Nikisae dan Tugboat.

Selain itu, KM Kumala yang ada di lokasi kejadian juga melakukan penyisiran untuk memastikan tidak ada korban yang tertinggal. Kapal yang terbakar itu juga telah lego jangkar, agar evakuasi lebih mudah dilakukan dan tidak mengganggu pelayaran lainnya.

"Kapal telah berhasil lego jangkar sehingga kapal tidak akan terseret arus gelombang ke mana-mana alias diam di tempat," kata Wahono, Sabtu (4/8/2018).


Tim SAR saat lakukan pencarian korban KM Satya Kencana IX

Menurutnya, dari hasil koordinasi dengan perusahaan pelayaran PT Dharma Lautan Utama yang merupakan operator kapal tersebut, jumlah penumpang saat kecelakaan itu ada sekitar 250 orang. Termasuk nakhoda dalam kapal tersebut. "Kami akan segera melihat manifest-nya," ujarnya.

"Saat peristiwa kebakaran, seluruh pihak yang berada di lokasi kejadian berupaya menyelamatkan seluruh penumpang. Yang paling utama seluruh penumpang bisa pindah kapal," kata Wahono.

Diperkirakan, para penumpang yang dievakuasi dengan KM Nikisae baru akan sampai di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Sabtu petang. "Seluruh informasi tersebut kami peroleh dari KM Nikisae melalui stasiun pantai. Jadi kami belum melihat langsung ke lapangan," ucapnya.

Karena itu, Wahono mengaku masih belum tahu kondisi terakhir kapal yang terbakar tersebut. Namun bisa dipastikan, di lokasi kejadian tidak ada tim pemadam kebakaran yang bisa melakukan pertolongan. "Kalau benda tidak bergerak, seperti mobil dan lainnya, sulit untuk diselamatkan, berbeda dengan penumpang," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Banjarmasin Mujiono yang memimpin jalannya proses pencarian mengaku belum mengetahui kondisi para korban. Dia berharap penumpang dan awak kapal berhasil dievakuasi selamat.

"Kami mendapat info dari KSOP sekitar pukul 9.30 WIB. Namun sudah ada kapal di dekat lokasi yang lakukan evakuasi korban," kata Mujiono.


Editor : Donald Karouw