Belasan Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung di Tanah Laut

Zulkifli Yunus ยท Senin, 28 Januari 2019 - 11:04 WIB
Belasan Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung di Tanah Laut

Salah satu rumah warga yang atapnya rusak diterjang puting beliung di Kabupaten Tanah Laut, Kalsel, Senin (28/1/2019). (Foto: iNews/Zulkifli Yunus)

PELAIHARI, iNews.id – Belasan rumah di Desa Panjaratan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel), rusak dihantam angin puting beliung, Minggu (27/1/2019) malam. Tiga di antaranya rusak parah dan satu tiang listrik nyaris tumbang. Namun, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Menurut warga, musibah itu terjadi sekitar pukul 20.00 Wita. Angin kencang berputar disertai hujan deras ini sempat membuat warga panik dan dan ketakutan karena atap-atap rumah beterbangan.

Tiga rumah yang mengalami rusak berat milik Hamdiah, Murliani dan Hamid Nuralamsyah. Seluruh korban warga RT 9 Desa Panjaratan. Sebagian atap rumah mereka terbang dibawa angin hingga puluhan meter.

BACA JUGA:

Ratusan Bangunan di Kabupaten Sukoharjo Rusak Diterjang Puting Beliung

Puting Beliung Terjang 4 Desa di Tuban, 1 Tewas, Puluhan Rumah Rusak

Ketua RT 9, Safaruddin, mengatakan, rumah orang tuanya juga mengalami kerusakan akibat putting beliung tersebut. Warga saat ini mengharapkan ada bantuan dari pemerintah untuk meringankan beban mereka.

“Kami sangat mengharapkan pemerintah membantu kami agar bisa segera memperbaiki kerusakan rumah akibat angin kencang tadi malam, terutama bagian atap yang rusak,” kata Safaruddin, Senin (28/1/2019).

Sementara itu Kepala Desa Panjaratan Sahibul Yani mengatakan, berdasarkan data yang berhasil mereka kumpulkan saat ini, ada 17 rumah yang terdampak. Tiga di antaranya mengalami kerusakan parah. “Selain tiga rumah itu hanya mengalami kerusakan ringan,” kata Sahibul Yani.

Sahibul menambahkan, pascaterjadinya angin kencang dan hujan deras, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Sekretaris BPBD Tala Syahrian Nurdin sudah meninjau lokasi. Rencananya hari ini petugas BPBD kembali datang untuk menyalurkan bantuan ke lokasi yang diterjang puting beliung. Warga juga masih membersihkan rumah mereka.


Editor : Maria Christina