Kebakaran Pulau Sebuku Kotabaru, Warga Mulai Terima Bantuan Kebutuhan Pokok

Deny M Yunus ยท Senin, 25 November 2019 - 12:45 WIB
Kebakaran Pulau Sebuku Kotabaru, Warga Mulai Terima Bantuan Kebutuhan Pokok

Korban kebakaran di Pulau Sebuku Kotabaru menuju lokasi posko pengungsian. (Foto: iNews/Deny M Yunus).

KOTABARU, iNews.id - Korban kebakaran di Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), mulai mendapatkan bantuan. Sebagian dari mereka kini mengungsi untuk sementara waktu di posko dekat kantor kecamatan.

Gubernur dan Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) mendatangi TKP kebakaran di Desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru. Keduanya bersama jajaran juga menemui warga yang menjadi korban.

"Kami ingin agar masyarakat di Kalsel bisa turut membantu warga di sini. Sedangkan untuk para korban, mudah-mudahan diberi kesabaran dalam menghadapi musibah ini," kata Gubernur Sahbirin Noor kepada wartawan di lokasi pengungsian warga, Senin (25/11/2019).

BACA JUGA: Ratusan Bangunan Terbakar di Kotabaru, Dinas Sosial Kalimantan Selatan Siapkan Bantuan

Menurut dia, Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dan Pemerintah Kabupaten Kotabaru telah mendata kebutuhan warga dan menyalurkan bantuan kepada mereka, di antaranya kebutuhan pokok.

Selain itu, tim dari pemerintah daerah (pemda) akan segera membangun dapur umum untuk para pengungsi, sehingga kebutuhan pangan harian mereka tetap terpenuhi.

"Logistik yang diberikan sementara ini baru kebutuhan pokok. Nanti juga akan dibuatkan dapur umum di lokasi pengungsian," ujar dia.

Seorang korban kebakaran, Ivan (52) mengatakan, tidak banyak barang yang dapat dibawa dari rumah saat kebakaran melanda tempat tinggalnya tersebut. Hanya beberapa helai baju yang dia sudah amankan.

BACA JUGA: 6 Kios Semi Permanen di Pagar Alam Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta Rupiah

"Saya hanya bawa pakaian saja beberapa," katanya.

Saat ini Ivan dan keluarga sedang mencari-cari kontrakan rumah terdekat yang dapat ditempati. Dia berharap, pemda ke depannya bisa membantu pembangunan rumah para korban kebakaran, meski hanya bahan dan material bangunan saja.

Sebelumnya, lebih dari 400 bangunan di Desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebuku, ludes terbakar, Sabtu (23/11/2019). Akibat kebakaran ini 600 kepala keluarga atau lebih dari 1000 jiwa kehilangan tempat tinggal.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal