Korsleting Listrik, Belasan Toko dan Rumah di Banjarmasin Terbakar

Suhardian ยท Senin, 28 Mei 2018 - 19:33 WIB
Korsleting Listrik, Belasan Toko dan Rumah di Banjarmasin Terbakar

Petugas pemadam kebakaran akhirnya berhasil memadamkan api yang membakar sejumlah toko dan rumah di area Pasar THR, Banjarmasin, Kalsel. (Foto: iNews/Suhardian)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

BANJARMASIN, iNews.id – Belasan rumah warga dan toko di Pasar THR Jalan Raya Gubernur Subarjo, Kelurahan Besirih, Banjarmasin Barat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terbakar, Senin (28/5/2018) sore. Kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek listrik.

Menurut sejumlah saksi mata, api pertama kali muncul di toko kelontong milik warga. Api dengan cepat menyebar sehingga menghanguskan belasan rumah warga dan toko. Warga saling bahu-membahu memadamkan api dengan peralatan seadanya, tapi kobaran api terus membesar.

Pemadam kebakaran akhirnya datang ke lokasi kebakaran. Namun, pemadaman api tidak mudah. Tiupan angin yang cukup kencang membuat si jago merah terus beraksi melahap bangunan toko dan rumah warga. Api baru bisa dipadamkan setelah hampir satu jam berkobar dan menghanguskan belasan rumah dan toko, termasuk Kantor Kas Bank BRI di Pasar THR.

Menurut salah satu korban kebakaran, Diah, api berasal dari salah satu toko kelontong milik warga bernama Joni di area pasar. Umumnya korban tidak sempat menyelamatkan banyak barang-barangnya karena api cepat menyebar ke bangunan lain. “Api berasal dari toko kelontong, karena arus pendek listrik,” kata Diah.

Korban kebakaran lainnya, M Muad juga membenarkan kebakaran pertama kali terlihat di salah satu toko kelontong milik Joni. Hanya dalam waktu sebentar, api berkobar dan membakar toko dan rumah warga.

“Asal mula apinya dari toko di bawah dan langsung menjalar ke atas. Saya sebelumnya sempat sibuk di rumah. Pas saya keluar, api sudah besar dan nggak sempat memadamkan api lagi,” kata M Muad.

Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Untuk memastikan penyebab kebakaran, petugas kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Selama bulan Ramadan, sudah lebih dari lima kali terjadi kebakaran di Banjarmasin. Empat hari lalu, kebakaran menghanguskan tiga kapal tanker yang ditambatkan di Dermaga Pertamina.


Editor : Maria Christina