Pameran dan Gelar Dagang Ramaikan Rangkaian Harganas 2019 di Banjarbaru

Donald Karouw ยท Kamis, 04 Juli 2019 - 14:23 WIB
Pameran dan Gelar Dagang Ramaikan Rangkaian Harganas 2019 di Banjarbaru

Ketum TP PKK Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam acara Harganas XXVI Tahun 2019 di Kota Banjarbaru, Kalsel. (Foto: iNews.id/Donald Karouw).

BANJARBARU, iNews.id - Pameran dan gelar dagang mewarnai rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tahun 2019 di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (4/7/2019). Kegiatan ini dibuka langsung Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Erni Guntarti Tjahjo Kumulo.

Pantauan iNews.id, sedikitnya ada 170 stand pameran dari kelompok-kelompok UPPKS, UP2K-PKK, kementerian/ lembaga, BKKBN seluruh Indonesia, Dekranas dan Dekreanasda, BUMN-BUMD, Perbankan, dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tampil menyajikan berbagai produk unggulan seperti pakaian, kuliner serta cenderamata dari daerah masing-masing.

Erni mengatakan, pameran dan gelar dagang ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan menyosialisasikan berbagai program pemberdayaan ekonomi keluarga. Seperti berbagai produk-produk UKM dari seluruh provinsi di Indonesia dan produk-produk unggulan hasil karya para Kader PKK di 34 provinsi.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Diagendakan Hadiri Puncak Harganas 2019 di Banjarbaru

"Kegiatan ini dapat mempertemukan dua unsur manajemen, yakni manajemen pembangunan dan pemerintahan. Karena pada hakekatnya, pembangunan keluarga merupakan komponen utama dalam manajemen pembangunan nasional, sekaligus kunci terhadap manajemen pemerintahan. Jadi pameran dan gelar dagang ini mencerminkan adanya koordinasi di antara keduanya," ujar Erni, Kamis (4/7/2019).

Ketua Panitia Gelar Dagang dan Pameran Harganas XXVI Ervina Murniati menambahkan, kegiatan pameran ini akan berlangsung selama tiga hari penuh hingga puncak acara pada Sabtu (6/7/2019).

"Melalui kegiatan ini diharapkan, kelompok pengrajin mikro dapat terbantu memasarkan produk unggulan masing-masing daerah," katanya.

BACA JUGA: Parade Jukung Hias Ramaikan Harganas 2019 di Sungai Martapura Banjarmasin

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tak terhingga kepada seluruh undangan dari seluruh penjuru Indonesia.

"Kalimantan Selatan memiliki banyak kerajinan yang aktif mengembangkan kemampuan dan daya saing usaha mikro kecil dan menengah" kata H Sahbirin Noor.

Diketahui peringatan Harganas rutin diadakan setiap tahun. Pada 2019 atau yang ke-26, Harganas dipusatkan di Kota Banjarbaru, Kalsel. Puncak acaranya bakal dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara pada Sabtu (6/7/2019).


Editor : Andi Mohammad Ikhbal