Parade Jukung Hias Ramaikan Harganas 2019 di Sungai Martapura Banjarmasin

Donald Karouw ยท Rabu, 03 Juli 2019 - 23:26 WIB
Parade Jukung Hias Ramaikan Harganas 2019 di Sungai Martapura Banjarmasin

Puluhan parade jukung hias meramaikan puncak perayaan Harganas ke XXVI 2019 di Sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Foto: iNews.id/Donald Karouw)

BANJARMASIN, iNews.id - Parade jukung hias yang menjadi rangkaian puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI 2019 di Sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (3/7/2019) malam, berlangsung semarak dan meriah.

Sebanyak 34 perahu jukung yang mewakili 34 provinsi di Indonesia tampil dengan kekhasan daerah masing-masing. Pantauan iNews.id, kondisi cuaca yang diguyur hujan tak menyurutkan animo ribuan warga yang berdatangan dan memenuhi sisi tepi Sungai Martapura.

Mereka antusias menyaksikan parade perahu jukung yang dihias unik. Salah satunya dari Provinsi Jawa Tengah yang menampilkan miniatur Candi Borobudur.

Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal mengungkapkan, filosofi dan pesan moral jukung sebagai salah satu cara dan kearifan masyarakat Banjar sangat relevan dalam menggambarkan dan mencerminkan bagaimana sebuah keluarga dalam menjalani kehidupannya. Tradisi seperti ini juga yang harus terus dibangun dan dikembangkan dalam kehidupan keseharian keluarga Indonesia.

“Sebab itu, melalui festival parade jukung hias ini sekaligus mengampanyekan ke masyarakat tentang Program Keluarga Berencana (KB),” ujarnya.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Diagendakan Hadiri Puncak Harganas 2019 di Banjarbaru

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan, parade jukung hias ini merupakan kegiatan budaya yang rutin digelar tiap tahun Pemerintah Kota Banjarmasin. Di mana Banjarmasin juga dikenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai. 

“Ini menjadi sejarah bagi warga Kalsel ada perahu hias dengan ciri seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Semua disatukan di Sungai Martapura. Kegiatan ini merupakan wujud dukungan Pemprov Kalsel dalam mendukung program KKBPK dari BKKBN,” kata Sahbirin Noor.

Diketahui, puncak perayaan Harganas 2019 akan berlangsung di Kota Banjarbaru, Kalsel, Sabtu (6/7/2019). Acara ini diagendakan bakal dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.


Editor : Kastolani Marzuki