Polda Kalsel Bongkar Penyelundupan 17 Kg Sabu dari Malaysia, 2 Pelaku

Antara ยท Kamis, 20 September 2018 - 20:32 WIB
Polda Kalsel Bongkar Penyelundupan 17 Kg Sabu dari Malaysia, 2 Pelaku

Polda Kalimantan Selatan membongkar penyelundupan sabu dari Malaysia sebanyak 17 kg. (Foto: Dok. iNews.id)

BANJARMASIN, iNews.id – Tim Ditresnarkoba Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) membongkar penyelundupan narkoba jenis sabu sebanyak 17 kilogram (kg) dari jaringan sindikat narkoba internasional.

Selain mengamankan barang bukti sebanyak 17 kg sabu, polisi juga menangkap dua tersangka jaringan narkoba internasional dari Pekanbaru, Riau.

"Selamat kepada jajaran Ditresnarkoba yang kembali berhasil mengungkap tangkapan besar dan saya berharap akan terus bekerja maksimal dalam pemberantasan narkoba di Kalsel," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani saat gelar perkara di Mapolda Kalsel, Banjarbaru, Kamis (20/9/2018).

Kapolda mengungkapkan, dari hasil penggagalan peredaran narkotika yang dibawa tersangka berinisial Ar alias Di dan Mu alias Ha dari Pekanbaru, Provinsi Riau itu, Polda Kalsel telah menyelamatkan sebanyak 344.218 jiwa untuk terhindar dari penyalahgunaan narkoba. “Artinya, dari 17.210,9 gram sabu-sabu dalam setiap 1 gramnya dapat digunakan 20 orang,” ucap Yazid yang baru menjabat Kapolda Kalsel.

BACA JUGA: Polda Jambi Bongkar Penyelundupan Sabu 8 Kg Jaringan Internasional

Kapolda menuturkan, pengungkapan sabu dalam jumlah besar itu berawal dari informasi yang diterima petugas Ditresnarkoba bahwa akan ada kurir yang mengambil sabu-sabu ke Pekanbaru untuk dibawa ke Banjarmasin.

Di bawah kendali Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel Kombes Pol Muhammad Firman, tim yang dipimpin Kasubdit I Ditresnarkoba Kompol Ugeng Sudia Permana berangkat ke Pekanbaru pada Minggu (5/8/2019). Setelah berhasil mendapati Target Operasi (TO) yang menginap di sebuah hotel di Pekanbaru, maka petugas terus mengintai hingga membuntuti pelaku menuju kembali ke Banjarmasin.

Setelah melalui perjalanan panjang dari Pekanbaru menuju Padang, terus ke Palembang, Lampung hingga ke Surabaya dan terakhir tujuan Banjarmasin, akhirnya polisi menyergap dua pelaku setelah keluar dari Bandara Syamsudin Noor, tepatnya di halaman The Herlina Hotel Jalan Angkasa, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru pada Jumat (10/8/2018).

"Kedua tersangka yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Km 7, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, itu dalam aksinya juga dibantu tersangka Mu alias To yang menyediakan identitas palsu. To ditangkap saat sedang membawa 1 paket besar sabu-sabu dengan berat 17,8 gram dan 1 paket kecil dengan berat 0,79 gram," tutur Irjen Yazid.

Kapolda bersama Gubernur dan pejabat lainnya yang hadir juga langsung melakukan pemusnahan barang bukti narkotika yang dikemas menggunakan bungkus abon ikan patin tersebut.

Selain itu turut dimusnahkan juga sejumlah barang bukti hasil tangkapan lainnya selama 18 hari yaitu jumlah tindak pidana 85 kasus dengan tersangka 113 orang dan sabu-sabu disita 417,72 gram, karisoprodol 6.004 butir, ekstasi 13 butir dan obat daftar G 8.890 butir.

"Jadi khusus untuk pemusnahan barang bukti kali ini yaitu sabu-sabu sebanyak 17.210,9 gram, tembakau gorila 22,25 gram, biji ganja 12,83 gram, ekstasi 10 butir dari 24 kasus dengan 34 tersangka," ujar Kabag Bin Opsnal Ditresnarkoba Polda Kalsel AKBP Daryanto.


Editor : Kastolani Marzuki