Polresta Banjarmasin Akan Tindak Warga Siapkan Parkiran Motor untuk Anak SMP

Antara ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 14:45 WIB
Polresta Banjarmasin Akan Tindak Warga Siapkan Parkiran Motor untuk Anak SMP

Ilustrasi parkiran liar. (Foto: Dok iNews).

BANJARMASIN, iNews.id - Satlantas Polresta Banjarmasin akan menindak warga yang menyediakan parkir bagi siswa-siswi SMP yang membawa motor ke sekolah. Sikap ini sebagai bentuk imbauan bahwa anak di bawah umur dilarang mengendarai motor.

Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, Kompol Wibowo mengatakan, pihaknya akan menertibkan warga yang menyediakan lahan parkir tersebut.

"Nanti kami akan melakukan penertiban terlebih dahulu dengan memberikan imbauan kepada masyarakat," kepada wartawan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (16/8/2019).

BACA JUGA: Polisi Tangkap Keluarga di Banjarmasin Jadi Komplotan Curanmor

Penertiban parkir di halaman rumah warga itu nantinya dilakukan oleh beberapa instansi gabungan di antaranya Satlantas Polresta Banjarmasin, Dinas Pendidikan dan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.

Apabila beberapa kali sudah diberikan imbauan dan tidak diindahkan maka berikutnya akan diberikan tindakan.

"Kegiatan yang kami lakukan ini semata mata hanya untuk menjaga keselamatan anak-anak itu sendiri, agar mereka selamat baik saat pergi ataupun saat pulang dari sekolah tanpa menggunakan sepeda motor," ujar dia.

BACA JUGA: Modus Ajak Kencan, PSK di Medan Bawa Kabur Motor Tamunya

Polisi memberikan imbauan tersebut kepada 52 orang tua siswa dalam rapat pertemuan di Aula Rupattama Polresta Banjarmasin. Wibowo meminta orang tua tidak memberikan sepeda motor kepada mereka karena belum cukup umur.

"Selain mereka tidak memiliki SIM dan kejiwaan mereka masih labil. Lebih baik dilarang daripada menyesal di kemudian hari," ujar dia.

Data dari kepolisian, kecelakaan yang terjadi di Banjarmasin sebagian besar korban dan pelakunya berasal dari anak di bawah umur.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal