Puluhan Kios di Pasar Tungging Barito Kuala Hangus Terbakar

Muhammad Tamyiz ยท Senin, 17 September 2018 - 20:17 WIB
Puluhan Kios di Pasar Tungging Barito Kuala Hangus Terbakar

Petugas pemadam kebakaran berusaha memamkan api yang membakar puluhan kios di Pasar Tungging, Kelurahan Berangas Barat, Kabupaten Barito Kuala, Kalsel, Senin (17/9/2018). (Foto: iNews/Muhammad Tamyiz)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

BARITO KUALA, iNews.id – Puluhan kios di Pasar Tungging, Kelurahan Berangas Barat, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (Kalsel), hangus terbakar, Senin sore tadi (17/9/2018). Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Sementara kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Pasar tradisional itu dilaporkan mulai terbakar pukul 17.00 tadi. Api yang diduga berasal dari sampah di bawah kolong kios, langsung membakar bangunan dan merembet ke kios lain. Puluhan kios mulai pedagang pakaian, toko emas, sembako, dan berbagai macam alat bangunan, habis dilalap si jago merah dalam waktu singkat.

Para pedagang berhamburan dan menangis histeris melihat api membakar kios-kios mereka. Banyak pedagang yang tidak sempat menyelamatkan barang dagangan karena api yang terus berkobar.

“Habis semua. Kami berharap bisa mendapat bantuan untuk membangun kios dan modal usaha. Kerugian kami akibat kebakaran ini mencapai miliaran rupiah,“ kata korban kebakaran, Yada.

BACA JUGA:

Kebakaran Ruko di Makassar, Ayah dan Anak Tewas Terjebak Kobaran Api

Pasar Guntur Garut Kebakaran Hebat, 58 Los dan Kios Hangus

Pedagang lainnya, Arif juga memperkirakan kerugiannya mencapai miliaran rupiah. Sebab, seluruh barang dagangannya habis terbakar. “Kerugian bisa mencapai miliaran. Saya jualan mesin, alat-alat elektronik, alat pertukangan,” kata Arif.

Api diduga berasal dari kolong kios yang dipenuhi sampah plastik. Hal ini diperkuat dengan rekaman video amatir yang menunjukkan api terlihat di kolong salah satu kios. Api kemudian membakar kios tersebut dan merembet ke puluhan kios lain.

“Sekitar jam 5 sorean tadi. Api muncul dari salah satu kios. Tapi, kami juga nggak tahu penyebabnya api. Kami warga di sini panik semua karena takut sampai ke rumah,” kata warga Hamrani.

Petugas Tim Emergency Banjarmasin Safaruddin mengatakan, petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkam api sekitar pukul 17.30. Sementara jumlah pasti kios yang terbakar masih didata. “Jumlah kios yang terbakar belum tahu, masih didata. Kalau penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan polisi,” katanya.

Kebakaran ini diperkirakan menyebabkan kerugian mencapai miliaran rupiah. Para pedagang masih berada di lokasi kejadian untuk mencari barang-barang mereka yang bisa digunakan.


Editor : Maria Christina