Atasi Listrik di Kaltim, Ini Janji Duet Isran Noor-Hadi Mulyadi

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 09 Mei 2018 - 20:55 WIB
Atasi Listrik di Kaltim, Ini Janji Duet Isran Noor-Hadi Mulyadi

Empat pasangan Cagub-Cawagub Kaltim saat debat terbuka di Gedung iNews Center, Jakarta. (Foto:iNews.id/Wildan)

JAKARTA, iNews.id – Pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur (Cagub-Cawagub) Kalimantan Timur (Kaltim) nomor urut 3, Israan Noor-Hadi Mulyadi memiliki cara untuk mengatasi listrik di daerahnya.

Menurut Isran Noor, persoalan lsitrik sebenarnya bukan tanggung jawab pemerintah provinsi atau negara, namun dia menjanjikan jika kelak terpilih akan membangun pembangkit listrik terbarukan guna meningkatkan rasio elektrikfikasi.

“Sebenarnya soal listrik bukan tanggung jawab pemprov atau negara karena dia punya undang-undang sendiri. Kita akan bangun tenaga listrik dengan tenaga listrik yang terbarukan," kata Isran Noor di Gedung iNews Center, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Kendati demikian, kata dia, gubernur tidak boleh lepas tangan dan punya kewajiban untuk mengkoordinasikan dan mendorong serta menyediakan tenang listrik di daerah terutama di kawasan perdesaan. “Menyediakan tenaga-tenaga listrik atau daya listrik fokus di daerah termiskin atau di desa-desa merupakan tanggung jawab bersama," katanya.

Menurut Isran Noor, gubernur juga harus mengatur cara untuk menyediakan listrik hingga tempat-tempat terkecil di daerah Kalimantan Timur.

"Saya kira undang-undang yang ada di PLN, pemprov memang harus memiliki kekuatan, harus mengubah cara-cara untuk mengatur dan penyediaan daya listrik yang ada di desa dan kota, tapi kota cukuplah. Tapi desa ada yang 90% tidak tercukupi listriknya," ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki