Debat Publik II Pilgub Kaltim

Ini Visi dan Program Andalan 4 Pasangan Kandidat di Pilgub Kaltim

Dony Aprian ยท Rabu, 09 Mei 2018 - 21:11 WIB
Ini Visi dan Program Andalan 4 Pasangan Kandidat di Pilgub Kaltim

Suasana debat publik kedua Pilgub Kaltim di Gedung iNews Center. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id – Debat publik kedua Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimatan Timur (Kaltim) berlangsung seru di Gedung iNews Center, Jakarta, Rabu (9/5/2018). Dalam debat kedua itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim mengambil tema meningkatkan kesejahteraan dan potensi lokal Kalimantan Timur.

Ketua KPU Kaltim, Muhammad Taufik mengatakan, melalui pelaksanaan debat ini, diharapkan masyarakat bisa menentukan calon pemimpin sesuai hati nurani.

"Semoga bisa memberi pencerahan bagi masyarakat untuk menentukan calon pilihan masing-masing. Mari bersama menyukseskan Pilgub Kaltim 2018," Ujar Taufik, saat membuka debat yang disiarkan langsung stasiun televisi iNews.

Dalam pemaparan visi dan program andalannya, paslon nomor urut satu Andi Sofyan Hasdam-Nusyirwan (Partai Golkar dan NasDem), menawarkan konsep pengentasan kemisikinan, salah satunya dengan mempercepat pergeseran struktur ekonomi Kaltim.

“Kami perihatin dengan kondisi yang ada, masyarakat miskin, gizi seadanya, hingga anak-anak sekolah yang tidak melanjutkan pendidikan. Karena itu kami menyiapkan program bantuan sosial dan kesehatan, beasiswa, bedah kampung, dan program lain untuk mengentaskan kemiskinan,” ujar Cagub Andi Sofyan Hasdam.

Pasangan nomor urut dua, Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat (Partai Demokrat, PPP, dan PKB) mengungkapkan, visinya mewujudikan Kaltim berdaya saing dan berkelanjutan. Program andalan yang disiapkan yakni dana Rp1 triliun per tahun untuk infrastruktur dasar.

“Kami juga memprioritaskan pembangunan ekonomi pedesaan untuk mengurangi kesenjangan pedesaan dan perkotaan. Membangun Kaltim dari pinggiran,” kata Cagub Rusmadi Wongso.

Pasangan nomor urut tiga, Isran Noor-Hadi Mulyadi (Partai Gerindra, PKS) mengutarakan, visi yang diusung mereka membangun Kaltim yang berdaulat. Mereka menyiapkan pembangunan infrastruktur 500 kilometer jalan produksi, membuka 250.000 lapangan kerja, serta bantuan permodalan hingga Rp100 miliar untuk UMKM dan beasiswa.

“Insya Alllah bisa kami wujudkan. Kami juga menyiapkan intensif bagi tenaga kesehatan guru agama,” kata Cagub Isran Noor.

Pasangan nomor urut empat, Rusmadi Wongso-Safaruddin (PDIP, Partai Hanura) mengungkapkan, visi yang diusungnya yakni menyejahterakan rakyat dengan membuka luas lapangan pekerjaan. Program andalan yang disiapkan untuk mencapai visi itu dengan mengembangkan sektor UMKM dan pariwisata, melalui kampung produksi.

“Kami menyiapkan bantuan permodalan untuk UMKM dengan suku bunga rendah dan tanpa agunan,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw