Pemudik Rela Menginap 2 Hari di Kapal Demi Dapatkan Tempat

Benny Prasetyo · Minggu, 10 Juni 2018 - 01:07 WIB
Pemudik Rela Menginap 2 Hari di Kapal Demi Dapatkan Tempat

Penumpang kelas ekonomi memilih menginap sehari lebih awal di kapal sebelum kapal berangkat dari Samarinda ke Pare-pare, Sulsel. (Foto: iNews/Benny Prasetyo)

SAMARINDA, iNews.id – Ratusan pemudik dari Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), tujuan Pare-pare, Sulawesi Selatan (Sulsel), rela menginap di dalam kapal demi mendapatkan tempat untuk keberangkatan kapal hari ini, Minggu (10/6/2018). Bahkan, sejumlah pemudik sudah dua hari menginap di kapal.

Para pemudik yang memilih datang lebih dulu dan menginap di dalam kapal sejak Jumat dan Sabtu malam, merupakan para penumpang dengan tiket kelas ekonomi. Sementara untuk pemegang tiket kelas baru diperbolehkan memasuki kapal Minggu pagi karena masing-masing tiket sudah ada nomor tempat tidurnya.

Pemudik umumnya datang dari luar Kota Samarinda seperti dari Kutai Timur, Kutai Barat, maupun Kutai Kartanegara. Selain untuk menghindari kemacetan atau halangan dalam perjalanan dari kota asal menuju Samarinda, mereka juga berebut ingin mencari tempat beristirahat di dalam kapal.



Petugas KSOP Samarinda mengimbau penumpang tetap waspada selama di kapal. (Foto: iNews/Benny Prasetyo)


Para pemudik yang menginap di kapal dapat menghemat pengeluaran untuk penginapan. Mereka juga merasa aman menginap di dalam kapal karena ada petugas yang memantau. “Kami sampai di sini kemari, jadi sudah dua malam tidur di kapal. Tiketnya sudah dapat, harganya Rp305.000,” kata Rusman, penumpang asal Muara Wahau, Kutai Timur, Sabtu malam (9/6/2018).


Petugas Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Samarinda Lukman mengatakan, penumpang yang sudah diperbolehkan masuk ke kapal hanya pemilik tiket kelas ekonomi. Sementara penumpang dengan tiket kelas baru bisa masuk kapal Minggu pagi. “Kami sudah menyiapkan teriminal penumpang untuk penumpang pemilik tiket kelas,” kata Lukman.


Para penumpang menginap di kapal sambil mengawasi barang bawaannya. (Foto: iNews/Benny Prasetyo)


Puncak arus mudik menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Samarinda tujuan Pare-Pare, Sulsel, diperkirakan mencapai puncaknya pada Minggu (10/6/2018) atau H-5 Lebaran. Kapal KM Prince Soya dijadwalkan berangkat pukul 13.00 Wita nanti.

Selain kapal KM Prince Soya, masih ada dua kapal dari Samarinda tujuan Pare-pare, masing-masing Kapal KM Aditya untuk keberangkatan Selasa (11/6/2018) dengan Kapal KM Aditya dan keberangkatan Rabu (12/6/2018) dengan kapal KM Pantokrator.


Editor : Maria Christina