Data Quick Count Pilgub Kaltim 85,16 Persen, Isran Noor-Hadi Unggul

Antara ยท Rabu, 27 Juni 2018 - 16:48 WIB
Data Quick Count Pilgub Kaltim 85,16 Persen, Isran Noor-Hadi Unggul

Pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. (Foto: Antara/ Irsan Mulyadi)

SAMARINDA, iNews.id - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor-Hadi Mulyadi diunggulkan berdasarkan hasil penghitungan cepat (quick count) versi LSI Denny JA. Isran-Hadi mendapat 29,77 persen suara dari data masuk yang sudah mencapai 85,16 persen.

Data quick count LSI Denny JA hingga pukul 16.45 Wita mencatat Isran mengalahkan tiga pesaingnya yang maju di Pilgub Kaltim. Mereka adalah pasangan nomor urut 2 Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat dengan 25,11 persen suara, Rusmadi Wongso-Safaruddin (nomor 4) mendapat dukungan 25,01 persen suara, dan pasangan nomor urut 1 Sofyan Hasdam-Rizal Effendi dengan 20,12 persen suara.

Isran-Hadi diusung koalisi Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN). Pasangan nomor urut 3 ini unggul di tujuh kabupaten/kota, meliputi Kota Samarinda, Bontang, Kabupaten Penajam Paser Utara, Paser, Berau, Kutai Timur, dan Kutai Kartanegara.

Di Kota Balikpapan, pasangan Rusmadi-Safaruddin berada di urutan teratas perolehan dukungan suara dengan 33,26 persen, unggul tipis dari Sofyan Hasdam-Rizal Effendi dengan 30,62 persen suara.

Kegagalan pasangan nomor urut 1 merebut dukungan mayoritas di Balikpapan cukup mengejutkan, mengingat Cawagub Rizal Effendi merupakan Wali Kota Balikpapan yang kini sedang menjalani periode kedua jabatannya.

Sedangkan Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu menjadi milik pasangan Jaang-Ferdi dengan meraup dukungan 45,41 persen suara. Kedua daerah ini memang menjadi basis pendukung Syaharie Jaang.

Namun, di Kota Samarinda, di mana kini Jaang menjabat sebagai Wali Kotanya, dukungan suaranya justru kalah dari Isran-Hadi, yakni 29,09 persen berbanding 34,26 persen.


Editor : Azhar Azis