20 Rumah di Kawasan Padat Penduduk di Samarinda Ludes Terbakar

Maskaryadiansyah ยท Rabu, 06 Februari 2019 - 09:33 WIB
20 Rumah di Kawasan Padat Penduduk di Samarinda Ludes Terbakar

Kebakaran menghanguskan sedikitnya 20 rumah di Jalan Merbabu, Gang Semangat, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (6/2/2019) dini hari. (Foto: iNews/Maskaryadiansyah)

SAMARINDA, iNews.id - Sekitar 20 rumah di kawasan padat penduduk Jalan Merbabu, Gang Semangat, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (6/2/2019) dini hari, ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Api dengan cepat membakar bangunan yang rata-rata terbuat dari kayu. Sulitnya akses jalan lantaran banyak warga yang menonton membuat proses pemadaman sempat terhambat. Apalagi, sebagian besar rumah yang terbakar rata-rata terbuat dari kayu.

Dugaan sementara, kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik di salah satu rumah warga yang bernama Ibu Jeni. Sejumlah saksi mata menyebut, api pertama kali muncul dari rumah Ibu Jeni yang sehari-harinya berjualan sosis itu.


Petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan masuk ke lokasi kejadian karena banyaknya warga yang menonton di pinggir jalan. Sementara di lokasi kejadian tidak ada sumber air. Petugas hanya mengandalkan suplai dari mobil pemadam yang baru datang.

“Pas kami masuk api sudah tinggi sekali. Kesulitannya banyak warga yang menonton di pinggir jalan. Jadinya mobil kami sulit masuk,” kata salah seorang petugas pemadam kebakaran setempat, Saiful Anwar, Rabu (6/2/2019) dini hari tadi.

Sementara itu, Wakapolsek Samarinda ulu, AKP RH Mangunsong mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran tersebut. “Namun dugaan sementara kebakaran disebabkan arus pendek listrik dari salah satu rumah yang ikut terbakar,” katanya.

Api baru berhasil dipadamkan dua jam kemudian. Beruntung tidak ada korban jiwa saat kebakaran terjadi, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.


Editor : Himas Puspito Putra