Siswa SD dan SMP Balikpapan Sumbang Korban Gempa Lombok Rp526 Juta

Antara · Selasa, 04 September 2018 - 09:29 WIB
Siswa SD dan SMP Balikpapan Sumbang Korban Gempa Lombok Rp526 Juta

Ilustrasi siswa mengumpulkan sumbangan bagi korban gempa Lombok. (Foto: Antara)

BALIKPAPAN, iNews.id - Para siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama atau sederajat se-Kota Balikpapan memberikan sumbangan berupa uang senilai Rp526 juta kepada para korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Itu uang dari siswa-siswa Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, SMP dan Madrasah Tsanawiyah se-Kota Balikpapan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Balikpapan Suseno di Balikpapan, Selasa (4/9/2018).

Pos Balikpapan Peduli Bencana Lombok sudah mendapatkan dana Rp526 juta lebih itu pada hari pertama pembukaan aksi sosial itu pada Senin (3/9/2018). Suseno menjelaskan, para siswa mengumpulkan sumbangan tersebut selama tiga minggu terakhir, dengan koordinator Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan.

Selain itu, ada juga bantuan 200 stel pakaian sekolah yang berasal dari Dinas Sosial Kota Balikpapan. Menurut Suseno, Pos Peduli Bencana Lombok akan dibuka sampai akhir November 2018 atau selama tiga bulan.

Selama itu, akan ada kapal perang TNI-AL yang secara terjadwal datang mengambil dan kemudian mengantarkan bantuan yang sudah terkumpul. "Jadwal pertama pada 10 September ini," lanjut Suseno.

 Dia menjelaskan donasi yang disalurkan oleh warga Balikpapan dapat berupa uang, dikirim melalui Bank Kaltim dengan nomor rekening 0032562906 atas nama Donasi Balikpapan Peduli. Bantuan berupa barang dapat langsung diantar ke Pos.

"Bantuan barang dapat berupa obat-obatan, makanan cepat saji, seperti mi instan, biskuit, air mineral, pakaian yang masih baru, berupa pakaian sekolah, selimut, pakaian dalam, perlengkapan ibadah, tenda, dan tandon air," katanya.

Pemkot Balikpapan juga menganggarkan Rp1 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018. Sebagai tahap awal, BPBD setempat telah berkoordinasi dengan seluruh dinas dan instansi di lingkungan Pemkot Balikpapan agar memfasilitasi para pegawai yang ingin memberikan sumbangan.

Suseno juga berharap kepada perusahaan-perusahaan untuk turut berpartisipasi memberikan bantuan. Donasi yang terkumpul melalui Pos, katanya, akan dibelanjakan barang-barang yang dibutuhkan para korban bencana alam.

"Kemarin kami kontak ke Lombok, kebutuhan yang mendesak itu di antaranya tandon air yang kecil untuk menampung air di pengungsian, dan masih bisa terus dipakai kalau nanti sudah kembali ke rumah-rumah," kata Suseno.


Editor : Himas Puspito Putra