3 Pelaku Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak Divonis 15 Tahun Penjara

Antara ยท Kamis, 31 Oktober 2019 - 18:41 WIB
3 Pelaku Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak Divonis 15 Tahun Penjara

Ilustrasi pelecehan seksual. (Foto: Istimewa)

PENAJAM PASER UTARA, iNews.id - Tiga pelaku kasus kekerasan seksual terhadap anak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur divonis 15 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. Saat ini masih ada satu kasus serupa yang masih dalam proses persidangan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Penajam, Rivana Noor mengatakan putusan ini untuk kasus yang tejadi di Kecamatan Penajam, Babulu dan Sepaku.

“Kami terus mendampingi jalannya proses kasus tersebut sampai ke pengadilan,” katanya di Penajam Paser Utara, Kamis (31/10/2019).

Noor mengatakan kasus kekerasan seksual terhadap anak di Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2019, terdata ada 15 kasus. Selain itu ada 17 kasus anak berhadapan dengan hukum.

BACA JUGA: Pensiunan ASN Tega Cabuli Anak Kecil di Wakatobi Sultra sejak 2017

Kasus kekerasan seksual terhadap anak di wilayah Penajam Paser Utara kemungkinan banyak terjadi. Sayangnya tidak semua dilaporkan karena masih dianggap aib atau tabu.

"Kami harus melakukan sosialisasi agar masyarakat mau melaporkan kasus kekerasan seksual terhadap anak,” katanya.

Untuk itu, P3AP2KB membentuk Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di setiap kelurahan dan desa. Tugasnya melakukan sosialisasi terkait kekerasan seksual terhadap anak.

Selama ini korban maupun keluarga malu untuk melaporkan kasus tersebut. Dengan adanya PATBM, makin banyak warga yang melaporkan kasus kekerasan seksual ini sehingga segera terungkap dan ditindaklanjuti.


Editor : Umaya Khusniah