3 Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap Polisi di Kutai Barat Kalimantan Timur

Antara ยท Jumat, 20 September 2019 - 21:20 WIB
3 Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap Polisi di Kutai Barat Kalimantan Timur

Pelaku pembakaran hutan di Kutai Timur Kalimantan Timur pada Jumat (20/9/2019). (Foto: Antara)

KUTAI BARAT, iNews.com - Satreskrim Polres Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur mengamankan tiga pelaku pembakaran lahan pada Jumat (20/9/2019). Dua di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka sementara satu pelaku masih dalam proses pemeriksaan.

T (38) dan M (39) ditangkap di Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok. Mereka membakar lahan dengan luas dua hektare.

Sementara D (57) ditangkap di Kampung Keay Kecamatan Damai. Pelaku membakar lahan seluas satu hektare.

BACA JUGA: Pangdam II/Sriwijaya: Pembakar Hutan dan Lahan adalah Teroris Lingkungan Hidup

Menurut Kasat Reskrim Polres Kutai Barat AKP Ida Bagus Kade, Satgas Penegakan Hukum Karhutla, barang bukti yang berhasil diamankan antara lain dua bilah parang, dua buah korek api dan abu bekas ranting pohon yang terbakar.

“Pelaku membakar hutan dengan tujuan untuk membuka lahan sehingga api yang menyala meluas dan tidak dapat terkontrol,” katanya.

Ida Bagus Kade menambahkan polisi akan menindak tegas pihak-pihak baik korporasi maupun perorangan yang melakukan pembukaan lahan dengan cara pembakaran.

“Akan kami lakukan penindakan tegas bagi siapapun yang membakar hutan, karena saat ini status untuk kabut asap sudah sangat memprihatinkan,” katanya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 187 KUHP Tentang Pembakaran Lahan dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah