Tumpahan Minyak Ancam Warga, Pertamina Diminta Tanggung Jawab

iNews Sore · Kamis, 05 April 2018 - 22:31 WIB
Tumpahan Minyak Ancam Warga, Pertamina Diminta Tanggung Jawab

BALIKPAPAN, iNews.id - Warga Pemukiman Atas Air, Balikpapan Barat, Kalimantan Timur mendesak pihak pertamina bertanggung jawab untuk segera melakukan pembersihan sisa tumpahan minyak secara menyeluruh. Mereka mengaku khawatir ancaman bahaya kebakaran jika sisa minyak yang kini menyatu dengan sampah plastik tidak segera dibersihkan.

Sisa tumpahan minyak yang masih menggenang di 16 RT wilayah Pemukiman Atas Air secara gotong royong dibersihkan warga. Dibantu aparat TNI dan Polri, warga mengangkat sampah kering yang kondisinya bercampur dengan minyak mentah.

Upaya itu dilakukan karena khawatir adanya ancaman bahaya kebakaran, jika tidak dilakukan pembersihan. Saat air laut surut, sisa minyak menyatu dengan sampah kering. Saat kondisi seperti ini, puntung rokok yang tidak sengaja dibuang ke kolong rumah warga bisa menyebabkan kebakaran.

Memasuki hari keenam sejak tumpahan minyak terjadi, kondisi tumpahan berangsur berkurang. Meski begitu, sisa limbah tumpahan masih sulit dibersihkan di sekitar pemukiman pesisir. Sebab, limbah minyak ikut menempel pada sisa sampah dan tiang penyangga rumah.

Video Editor: Khoirul Anfal


Editor : Dani Dahwilani