Aksi Demo Mahasiswa di Samarinda Berakhir Ricuh, Puluhan Mahasiswa Dilarikan ke RS

Maskaryadiansyah ยท Selasa, 24 September 2019 - 01:15 WIB
Aksi Demo Mahasiswa di Samarinda Berakhir Ricuh, Puluhan Mahasiswa Dilarikan ke RS

Salah satu pederta aksi demo mengalami luka-luka di Samarinda Senin (23/9/2019). (Foto: iNews.id/Maskaryadiansyah)

SAMARINDA, iNews.id – Bentrok dengan aparat, puluhan mahasiswa dilarikan ke rumah sakit di Samarinta Senin (23/9/2019). Polisi terpaksa mengeluarkan tembakan gas air mata saat ribuan mahasiswa memaksa masuk ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim).

Ribuan massa yang terdiri atas mahasiswa berbagai universitas Samarinda Kalimantan Timur berlarian saat polisi mengeluarkan gas air mata ke arah mahasiswa di Jalan Teuku Umar Samarinda. Akibatnya puluhan peserta aksi yang cidera harus dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Dari pantauan iNews.id di lokasi ada sekitar 700 aparat gabungan disiagakan untuk mengantisipasi aksi 3 ribu mahasiswa yang melakukan aksi.

BACA JUGA: Demo Tolak RKUHP dan RUU KPK Bubar setelah Ada Kesepakatan dengan Sekjen DPR

Aksi ini bermula dari tidak tercapainya kesepakatan antara mahasiswa dan anggota DPRD Kaltim. Akibatnya mahasiswa marah, dan mencoba mencoba menerobos masuk ke barisan petugas untuk bisa masuk ke dalam gedung.

Saat kericuhan, juga terjadi aksi saling lempar batu antara mahasiswa dan petugas. Akibatnya, beberapa mahasiswa terluka dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Sebelumnya, ribuan mahasiswa gabungan dari berbagai kampus di Samarinda menggelar aksi menolak pengesahan revisi Undang-Undang 30 tahun 2002 tentang KPK dan revisi Undang-Undang KUHP Senin (23/9/2019) di depan kantor DPRD Kaltim. Massa melakukan aksi sejak pagi hari.


Editor : Umaya Khusniah